Banner Iklan Pemkab Muba September
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menerima audiensi Koordinator BMKG Sumsel Wayan Dayantolis dan jajarannya di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/10/2023). Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menerima audiensi Koordinator BMKG Sumsel Wayan Dayantolis dan jajarannya di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/10/2023). Foto : viralsumsel.com/win

Bawa Kabar Gembira dari BMKG, Pj Gubernur Agus Fatoni : Akhir Oktober Sumsel Masuk Musim Hujan

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyampaikan kabar gembira dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMGK) Sumsel. Dia mengatakan Sumsel berpotensi kan diguyur hujan secara merata pada akhir Oktober mendatang sehingga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang saat ini melanda dapat segera teratasi.

“Ada beberapa kabar gembira terkait dengan perkembangan cuaca dan iklim dan kita tetap harus semangat untuk bisa menangani karhutla ini secara bersama-sama. Tadi disampaikan BMKG bahwa hujan segera berpotensi turun di Sumsel akhir Oktober. Ini tentu sangat kita harapkan apalagi tadi pagi kita juga sudah laksanakan shalat istisqa minta hujan secara serentak di Sumsel,” ucap Fatoni usai menerima audiensi Koordinator Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel Wayan Dayantolis dan jajarannya di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga :   Peningkatan Mutu, Klinik Pratama PTPN VII Ikuti Proses Akreditasi

Kabar tersebut membawa angin segar bagi masyarakat Sumsel terkait perkiraan awal musim penghujan. Hal ini menjadi faktor yang sangat menentukan langkah dan kebijakan selanjutnya dalam penanganan karhutla maupun anggaran.

“Kami berterima kasih dengan adanya info ini. Karena dari info ini kami bisa mengambil langkah-langkah yang diperlukan baik untuk mengatasi karhutla maupun antisipasi lainnya baik kebijakan maupun anggaran,” ujar Fatoni.

Pemprov Sumsel bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat juga telah melakukan sejumlah upaya dalam menghadapi musim kemarau. Di antaranya melaksanakan salat istisqa secara bersama-sama se-Sumsel, mengupayakan pemadaman melalui darat, water bombing juga Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

“Salat Istisqa ini juga dilakukan meminta kepada Allah agar diturunkan hujan sehingga dapat menurunkan dampak karhutla,” ungkpanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wayan menjelaskan berdasarkan pemodelan dan instrumen yang digunakan oleh BMKG terlihat ada peningkatan potensi awan yang berpotensi hujan pada akhir Oktober. Dia berharap mudah-mudahan hujan akan mulai terjadi sekitar tanggal 21, 22 dan 23 Oktober.

Baca Juga :   Pj Bupati Muba Apriyadi Pimpin langsung Upacara Hari Lahir Pancasila

“Potensi hujan ini sebarannya cukup merata sehingga dapat memadamkan karhutla di Sumsel terutama Ogan Komering Ilir,” jelas Wayan.

Pada audiensi ini Fatoni didampingi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel Edward Chandara, Kepala Pelaksana BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana dan Kepala Dinas Kominfo Sumsel Rika Efianti.

Turut hadir dalam audiensi tersebut di antaranya Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Siswanto, Koordinator Bidang Datin BMKG Sumsel Nandang Pangaribowo, Koordinator Bidang OBS BMKG Sumsel Ishak, Koordinator Bidang OBS dan Informasi Stamet SMB II Shinta Veronika dan Staf PMG Sirajul Munir. (win)

Iklan OKI

Check Also

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton. Foto : viralsumsel.com/dev

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton

viralsumsel.com, MUBA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara maraton melakukan pembinaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *