Iklan Pemprov Sumsel
Menteri BUMN RI Erick Thohir beri keterangan pada awak media. Foto : viralsumsel.com
Menteri BUMN RI Erick Thohir beri keterangan pada awak media. Foto : viralsumsel.com

Bincang-bincang dengan Wartawan Palembang, Erick Thohir Sampaikan Keberhasilan Transformasi Kementrian BUMN

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Ditengah agenda kunjungan kerja (Kunker) ke Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Menteri BUMN RI, Erick Thohir menyempatkan diri untuk bincang-bincang dengan wartawan di Palembang. Baik wartawan dari media cetak, media online maupun media elektronik di Palembang.

Bincang santai tersebut dilakukan disalah satu hotel di Palembang dengan protokol kesehatan yang ketat, Sabtu (23/10/2021) sore. Para wartawan yang mengikuti kegiatan harus malakoni tes antigen terlebih dahulu sebelum memasuki lokasi acara.

Dalam agenda bincang-bincang dengan awak media tersebut Erick Thohir memaparkan program Transformasi Kementrian BUMN. Menurutnya transformasi Kementrian BUMN sudah dicanangkan sebelum pandemi Covid-19. “Memang selama pandemi tidak sedikit BUMN yang terdampak. Namun kita tidak boleh diam, fokus bertahan, dan bangkit. Caranya dengan perbanyak model usaha juga melakukan efisiensi,” kata dia.

Erick Thohir mengatakan Transformasi Kementrian BUMN diantaranya, BUMN Business Restructuring Focus on Core Business. “Kita telah melakukan perampingan BUMN dari 108 menjadi 41 BUMN dan dibagi ke dalam 12 klaster. Kemudian ada new BUMN Leadership target 2021 sebesar 15 persen perempuan dan 5 persen milineal BOD BUMN, Kemudian target 2023 sebesar 25 persen perempuan dan 10 persen milenial BOD BUMN,” terang dia.

Lanjut dia Transformasi BUMN melalui lima prioritas utama kementrian BUMN. Pertama rekonstruksi model bisnis melalui pengembangan ekosistem dan fokus pada core bisnis. Kedua mengembangkan SDM berkualitas. Ketiga pengembangan teknologi dan digitalisasi seperti big data, artificial, intelligence dan lainlian.

Baca Juga :   Demi Tiga Hal, Sriwijaya FC Gelar Uji Coba Tertutup

“Lalu keempat keseimbangan antara nilai ekonomi sebagai korporasi dengan fungsi pelayanan public. Dan terakhir atau kemima menciptakan ekosistem investasi yang sehat dan bisnis proses yang baik,” lanjut mantan Bos Klub Italia, Inter Milan ini.

Masih kata Erick Thohir transformasi Kementrian BUMN dengan mengedepankan core values BUMN “AKHLAK”. Yaitu amanah (memegang teguh kepercayaan yang diberikan), kompeten (terus belajar dan mengembangkan kapabilitas), dan harnomis (saling peduli dan menghargai perbedaan).

“Kemudian loyal (berdidikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara), adaptif (terus berinovasi dan antusias mengerakkan ataupun menghadapi perubahan) serta kolaboratif (membangun kerjasama yang sinergis),”ungkap dia.

Erick Thohir menjelaskan lagi klasterisasi BUMN dibentuk sesuai dengan value chain dan core business BUMN. Total BUMN dibawah naungan Wamen 1 ada sebanyak 12 BUMN. Klaseter Industri Energi dan Migas (Pertamina dan PLN), klaster Industri Minerba (Inalum), Klaster Industri Pangan (Pupuk Indonesia, Bulog, RNI, Klaster Industri Kesehatan (Bio Farma) dan Klaster Industri Manufaktur (LEN, Krakatau Steel, Biro Klasifikasi Indonesia).

Kemudian total BUMN dibawah naungan Wamen II ada sebanyak 29 BUMN.  Klaster Jasa Keuangan (Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Perum Peruri), Klaster Jasa Ansuransi dan Dana Pensiun (Bahana PUI, Jiwasraya, Asabri, Taspen, Reasuransi Indonesia Utama), serta Klaster Telekomunikasi dan Lainya (Telkom, Perusahaan Pengelola Aset, Profuksi Film Negara).

Baca Juga :   Tuan Rumah Piala Dunia, Palembang Bisa Terganjal Lapangan Pendukung

“Lalu klaster infrastruktur meliputi Hutama Karya, Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, PP, Perum Perumnas, Jasa Marga, dan Semen Indonesia. Ada juga klaster Logistik (Pelido, Kereta Api Indonesia, Damri, Pelni, ASDP Ferry, PT POS) serta Klaster Jasa Pariwisata dan Pendukung (Holding Aviasai dan Pariwisata, dan Airnav),” jelasnya.

Dilanjutkan Erick Thohir, transformasi Kementrian BUMN melalui 5 prioritas utama dan core value AKHLAK telah menghasilkan capaian terbaik sepanjang sejarah Kementrian BUMN. “Penilian dari komite ASN, dua kementrian capai nilai sistem merit terbaik, salah satunya Kementrian BUMN 391 dari total 410 dengan predikat sangat baik. Kemudian admisnistrasi yang excellent 97,90 dari total 100 dengan predikat sangat memuaskan,” sambung dia.

Transformasi BUMN meningkatkan pendapatan dan laba bersih. “Laba bersih konsolidasi semester pertama 2021 Rp 6 T. Sementara untuk semester 1 2021 sudah mencapat Rp 26 T atau peningkatan 356 persen. Mudah-mudahan tutup buku tahun ini bisa mencapai Rp 40 T,” tukas dia. (no)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

CSR Priamanaya Group Bantu UMKM Desa Kebur

VIRALSUMSEL.COM, LAHAT – Priamanaya Group menggelar diskusi dan sharing tentang UMKM pada Jumat (26/11/2021), Acara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *