Banner Iklan Pemkab Muba September
Panen perdana kelapa sawit program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) di kebun plasma KUD CSM Sampoerna Agro. Mesuji, Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis, (19/10/2023).. Foto : viralsumsel.com/fir
Panen perdana kelapa sawit program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) di kebun plasma KUD CSM Sampoerna Agro. Mesuji, Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis, (19/10/2023).. Foto : viralsumsel.com/fir

Hasil Meningkat, Panen Lebih Cepat, Panen Perdana Kelapa Sawit Program PSR

viralsumsel.com, OKI – Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE didampingi oleh Regional Head PT. Sampoerna Agro melalukan panen perdana kelapa sawit program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) di kebun plasma KUD CSM Sampoerna Agro. Mesuji, Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis, (19/10/2023).

Sawit petani hasil program PSR ini bisa di panen lebih cepat dengan hasil panen yang meningkat. “Kelapa sawit program PSR tahun tanam 2020 atau baru 3 tahun dan hasilnya bisa meningkat hingga 75 persen dibanding new planting (tanam baru),” Ujar Head Region PT. Sampoerna Agro, Eldi Nuzan.

Penggunaan bibit unggul, menurut Eldi berpengaruh terhadap kualitas kelapa sawit. “Juga best manajemen practice, pemeliharaan dan pengelolaan serta pendampingan yang kita berikan kepada petani plasma sehingga hasil panen bisa meningkat,” Jelas Eldi.

Baca Juga :   Persoalan Lahan RS Khadijah, Begini Solusi Gubernur

Bupati OKI, H. Iskandar, SE optimis program PSR bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani kelapa sawit di Ogan Komering Ilir. “Sangat jelas terlihat kualitasnya hasil panen sawit dari kebun plasma ini. Program PSR jadi langkah strategis untuk memperkuat perekonomian para petani sawit,” tuturnya.

Iskandar mengatakan wujud nyata membangun OKI dari Desa memang tidak kasat mata berupa proyek-proyek pembangunan mercusuar namun hasilnya di rasakan oleh masyarakat. “Sepuluh tahun kepemimpinan kami memang tidak membangun proyek-proyek besar tapi yang hadir adalah komitmen untuk mensejahterakan masyarakat,” Ujar Iskandar. “Salah satunya melalui program Peremajaan Sawit Rakyat,” imbuhnya.

Iskandar menambahkan energi hijau seperti kelapa sawit kini jadi penyumbang devisa negara serta pendapatan daerah. “OKI memang bukan penghasil migas namun kita memiliki potensi besar sumber energi terbarukan seperti kelapa sawit ini,” ujar dia.

Baca Juga :   Desa Bukit Jaya Sungai Lilin Raih Penghargaan Proklim Utama dari Kementerian LHK

Iskandar meyakini Program PSR seluas 36 ribu Hektare di Ogan Komering Ilir bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Muara setiap program dan kebijakan pemerintah adalah kesejahteraan masyarakat. Semoga jadi peninggalan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (fir)

Iklan OKI

Check Also

WOM Finance Sambut Natal Bersama Anak Panti Asuhan di Palembang

Viralsumsel.com, PALEMBANG – Sebagai wujud rasa syukur serta berbagi kasih antar sesama di momen Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *