Iklan Palembang Kota
Presiden Jokowi memimpin Ratas Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, Minggu (10/04/2022), di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. Foto: Humas Setkab
Presiden Jokowi memimpin Ratas Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, Minggu (10/04/2022), di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. Foto: Humas Setkab

Jokowi Minta Pejabat Daerah yang Capable

*Alokasikan Dana Rp 110, 4 T untuk Pilkada 2024

viralsumsel.com, JAKARTA  Dalam rangka persiapan Pemilu serentak dan Pilkada 2024, pemerintah mengalokasikan anggaran yang diperkirakan sebesar Rp110,4 triliun. Dimana dana tersebut diperuntukkan untuk kegiatan KPU dan Bawaslu, baik dari APBN maupun APBD.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor pada akun YouTube Sekretariat Presiden, Kemarin (11/4/2024), saat melakukan rapat bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Anggaran untuk KPU Rp76,6 Triliun dan Bawaslu Rp33,8 triliun. Ini saya minta didetailkan lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi dengan baik dalam APBN maupun dalam APBD, dan dipersiapkan secara bertahap,” pesan Jokowi.

Selain itu, Jokowi minta para pembantunya agar menyiapkan penjabat gubernur, penjabat bupati, penjabat wali kota yang berakhir masa jabatannya di 2022 ini. Ada 101 daerah dengan rincian 7 gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota. Di Sumsel sendiri Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang habis masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati, 22 Mei 2022 nanti.

Baca Juga :   Pejabat Eselon IV di Palembang Akan beralih ke Fungsional

“Saya minta seleksi figur–figur pejabat daerah ini betul–betul dilakukan dengan baik sehingga kita mendapatkan pejabat daerah yang capable, memiliki leadership yang kuat, dan mampu menjalankan tugas yang berat di tengah situasi ekonomi yang tidak mudah, situasi ekonomi global yang tidak gampang,” kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar mengantisipasi situasi politik jelang Pemilu Serentak 2024. Dia menekankan jangan sampai masyarakat terprovokasi terhadap isu–isu politik SARA yang pernah menjadi pengalaman pesta demokrasi di Tanah Air.

“Oleh sebab itu, saya juga minta dilakukan edukasi, dilakukan pendidikan politik yang masif kepada masyarakat, kepada para kontestan,“pesan Jokowi.

Pemerintah telah menetapkan jadwal pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024, sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024. Dan tahapan Pemilu 2024 akan dimulai 14 Juni mendatang. (ril)

Baca Juga :   Sekda Muba Lepas 20 Kafilah STQH ke-26 Tingkat Provinsi Sumsel

 

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto : ist

Presiden : Ekspor Minyak Goreng Dibuka Kembali 23 Mei 2022

viralsumsel.com, JAKARTA – Pemerintah memastikan akan kembali membuka ekspor minyak goreng mulai, Senin (23/5/2022) mendatang. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *