Banner Iklan Pemkab Muba September
Gubernur Sumsel H. Herman Deru hadiri Rakor Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Se- Sumsel Tahun 2023di Aula BPSDMD Provinsi Sumsel, Senin (11/9/2023). Foto : viralsumsel.com/win 
Gubernur Sumsel H. Herman Deru hadiri Rakor Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Se- Sumsel Tahun 2023di Aula BPSDMD Provinsi Sumsel, Senin (11/9/2023). Foto : viralsumsel.com/win 

Kepala LAN RI Sebut BPSDM Sumsel Sangat Layak Jadi Pusat Pengembangan Kompetensi ASN di Sumatera

viralsumsel.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)) Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Se- Sumsel Tahun 2023,  dihadiri Gubernur H Herman Deru dan  Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN)  RI  Dr. Adi Suryanto bertempat di Aula BPSDMD Provinsi Sumsel, Senin (11/9/2023).

Rakor ini  bertujuan melakukan identifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) se- Provinsi Sumsel guna menuju sinergitas pengembangan kompetensi ASN terintegrasi melalui Coorporate University guna mewujudkan “Sumsel Maju untuk Semua” menuju ASN Sumsel Berkelas Dunia.

Dalam paparannya Kepala LAN  RI  Dr. Adi Suryanto mengatakan, BPSDM harus mendapatkan perhatian serius  Presiden Jokowi dimana pada pidato kenegaraannya pada  16 Agustus 2019 yang lalu, telah menegaskan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan harus didukung untuk melakukan pembenahan secara besar-besaran.

Baca Juga :   Fatra Resmi Pimpin IKA-Muba 2020-2024

“ASN Indonesia berhak mendapatkan proses pembelajaran terbaik dari sumber terbaik, Setiap pegawai ASN wajib aktif belajar secara terus menerus untuk mengembangkan kompetensi dan mengoptimalkan kapasitasnya secara berkelanjutan,” tuturnya.

Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut  diperlukan kolaborasi  dari semua stakeholder mitra BPSDM seperti kepala daerah, LAN, Kemendagri dan pihak terkait lainnya.  “Kita mendorong agar BPSDM Sumsel terus  berbenah  menjadi contoh pemenuhan hak pengembangan kompetensi ASN,” ungkapnya.

Sementara Gubernur  Herman Deru menegaskan dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang handal  tidak gampang  maka dibutuhkan pendidikan dan latihan (Diklat).  “Dalam melakukan kinerja yang aktif diperlukannya diklat atau sejenisnya berdasarkan kebutuhan organisasi perangkat daerah (OPD) setiap provinsi kabupaten/kota,” katanya

Baca Juga :   PJ. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Ajak ASN, BUMN, BUMD Dan Masyarakat Galang Dana Korban Gempa Cianjur

Herman Deru berharap, transformasi SDM aparatur melalui pengembangan kompetensi, tidak hanya membentuk orang yang cerdas dan pandai saja, namun membentuk karakter SDM aparatur itu sendiri. Herman Deru menyambut baik dan mendukung penuh harapan dari Kepala LAN yang mendoakan BPSDM Provinsi Sumsel untuk menjadi epicentrum bagi pendidikan SDM.  “Provinsi Sumsel sangat memenuhi kriteria, diman provinsi tertua di Sumabgsel dan mempunyai sarana dan prasarana yang memadai,” tambahnya.

Herman Deru berharap  rakor ini menjadi perbaikan peningkatan dari kapasitas BSDM Provinsi Sumsel. “Tantangan kita akan menjadi epicentrum pengembangan kompetensi ASN di Sumatera, tidak hanya mengandalkan Sumber Daya Manusia yang kompetensinya memadai, ini tantangan yang harus kita jawab,” tandasnya. (win)

Iklan OKI

Check Also

Cegah DBD, Pemkab Muba Luncurkan Gerakan Bersih Lingkungan. Foto : viralsumsel.com/dev

Cegah DBD, Pemkab Muba Luncurkan Gerakan Bersih Lingkungan

viralsumsel.com, MUBA – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Rapat Koordinasi percepatan penanggulangan terhadap peningkatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *