Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto : IST
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto : IST

10 Provinsi Jadi Primadona Investasi Asing, Ketua DPD RI Minta Pemerintah Pastikan Keterlibatan Masyarakat di Daerah

ViralSumsel.com — 10 Provinsi di Indonesia menjadi primadona Penanaman Modal Asing (PMA). Hal itu terbukti dengan pencatatan realisasi investasi di tahun 2023 yang mencapai 50,27 Milyar USD atau sekitar 774,96 Triliun Rupiah.

Kesepuluh provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan (Sumsel), Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Dari 10 Provinsi tersebut, investasi terbesar masih di sektor mineral, perkebunan, migas, emas, dan sumber daya kehutanan. Kecuali DKI Jakarta yang banyak menerima investasi di sektor transportasi, pergudangan, perkantoran, telekomunikasi, dan restoran.

“Tentu ini patut disyukuri. Dan pemerintah harus terus memperbaiki indeks Easy of Doing Business (EoDB) kita. Sehingga semakin mempercepat proses realisasi investasi di tahun-tahun ke depan. Tetapi disatu sisi, pemerintah juga harus memastikan keterlibatan masyarakat di daerah-daerah tersebut.” kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, LaNyalla Mahmud Mattalitti, hari Rabu tanggal 22 Mei 2024.

Baca Juga :   Komite IV DPD RI Gelar Uji Sahih Naskah Akademik dan RUU Pengelolaan Aset Daerah

Dikatakan LaNyalla Mahmud Mattalitti, sebagai wakil daerah, sudah menjadi tugas Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk memastikan masyarakat di daerah merasakan langsung dampak pembangunan dan investasi. Terutama untuk memajukan kesejahteraan umum di daerah. Karena hal itu merupakan salah satu hakikat dari Keadilan Sosial.

“Karena teorinya sudah jelas, tanpa keadilan sosial, kemakmuran tidak akan dirasakan secara utuh. Karena itu, saya mendukung dan menyarankan agar pemerintah memastikan skema keterlibatan masyarakat dalam merasakan secara langsung hasil dari investasi dan pertumbuhan ekonomi di daerah.” tutur Mantan Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Jawa Timur itu.

Iklan OKI

About Maryam Qooniitaa

Check Also

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto : IST

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

ViralSumsel.com — Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Tenaga Kerja, masih menyusun peraturan yang akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *