Iklan Palembang Kota
Ketua DPW Partai Gelora Sumsel, Erza Saladin, ST. FOTO : VIRALSUMSEL.COM
Ketua DPW Partai Gelora Sumsel, Erza Saladin, ST. FOTO : VIRALSUMSEL.COM

Partai Gelora Dorong DPD RI Punya Kewenangan Setara DPR 

viralsumsel.com, PALEMBANG – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia mendorong kewenangan yang dimiliki Dewan Perwakilan Daerah (DPD), karena sudah dipilih rakyat secara langsung, bukan dipilih secara simbolik.

Hal ini untuk menyempurnakan kedudukan sistem bikameral dalam ketatanegaraan kita yang terdiri dari dua kamar atau joint session antara DPR dan DPD yang memiliki kewenangan, serta kesetaraan hak yang sama di parlemen.

Ketua DPW  Partai Gelora Sumsel Erza Saladdin pihaknya mendorong lembaga DPD di perkuat fungsinya. Sehingga dengan itu tugas dan fungsi DPD semakin kuat  “Maka kewenangan untuk memperjuangkan daerah pilihan haruslah diperkuat kedepan baik hak budgeting, legislasi dan pengawasan,” kata Erza, Jumat (28/1/2022)

Baca Juga :   Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi Pimpin Rapat Paripurna, Fraksi-fraksi Setujui APBD 2022

Menurut Erza DPD sebagai  penyambung lidah daerah dalam konteks realisasi otonomisasi kabupaten  kota dari propinsi mereka masing-masing.”Karena selama ini fungsi  dan tugas DPD tidak begitu menonjol ditengah Publik,” ujar Erza.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menambahkan DPD sudah dipilih oleh rakyat. “Kalau sudah dipilih oleh rakyat ngapain  kewenangannya simbolik. Jadi harus diberi kewenangan yang kuat. Sehingga bikameralisme kita menjadi sempurna,”ujar Fahri.

Menurut Fahri, agar sistem tersebut menjadi sempurna, maka DPD harus berani mengkritik partai politik (parpol) di DPR.  Sebab, yang bisa mengkritik DPR hanyalah DPD.

“Yang bisa kritik parpol itu, itu hanya kamar sebelahnya. Karena itu saya sarankan tolong (DPD) kritik ke parpol juga disuarakan. Sebab keterpilihan anggota DPD, nggak ada hubungannya dengan parpol. Karena itu lah bikameral kita itu salah satunya adalah DPD juga harus mengkritik DPR ini,” ujarnya. (ril)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Ketua Pimda PKN Provinsi Sumsel Ir Hj Lucianty SE bersama masyarakat saat makan pindang di Rumah Makan BYCA, Jalan Kolonel Wahid Udin, Sekayu, Rabu (18/5/2022) siang. Foto : viralsumsel.com/ion

Terharu, Hj Lucianty Disambut Antusias Masyarakat Muba

viralsumsel.com, PALEMBANG – Ketua Pimpinan Daerah Partai Kebangkitan Nusantara (Pimda PKN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *