Pj Gubernur Agus Fatoni Dorong Minat Baca Masyarakat melalui Festival Literasi Nusantara Sumatera Selatan Tahun 2023

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni secara resmi membuka Festival Literasi Nusantara Sumatera Selatan Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan launching Program Bakti Pusaka. Melalui kegiatan ini juga, Fatoni terus mendorong minat baca masyarakat.

“Literasi itu ada tiga yaitu membaca, menulis, dan analisis. Untuk menumbuhkan ketiga hal itu,  harus bisa memunculkan rasa cinta dan sayang, yang akhirnya dapat menjadi kebiasaan, kemudian menjadi budaya untuk gemar membaca,” jelas Fatoni dalam kegiatan ‘Festival Literasi Nusantara Sumatera Selatan Tahun 2023’ yang diselenggarakan di Asrama Haji Palembang, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (27/10/2023).

Fatoni menyebut Pemerintah Provinsi Sumsel sangat mendukung kegiatan literasi agar dapat terus tumbuh berkembang tentunya dengan dukungan semua pihak terkait. Menurutnya, melalui banyak membaca dapat meningkatkan pengetahuan dalam mencetak generasi yang unggul.

Baca Juga :   Raport Pemerintah Pusat, Sumsel Masuk Provinsi yang Berhasil Atasi Karhutla

“Generasi unggul yang cerdas, pintar, kreatif, dan inovatif bisa tercapai dengan adanya proses literasi. Generasi inilah yang nantinya dapat membuat pembeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Mudah-mudahan tujuan dari kegiatan festival literasi nusantara 2022 dan launching program bakti pusaka dapat terwujud,” ucap Fatoni.

Melalui kesempatan ini juga, Fatoni mengapresiasi Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dan Duta Literasi Sumatera Selatan yang terus meningkatkan minat baca masyarakat. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel Fitriana mengatakan kegiatan ini merupakan gagasan dari Duta Literasi Sumsel sebelumnya, yaitu Almarhum Percha Leanpuri.

“Alhamdulilah tugas dan cita-cita beliau diteruskan oleh Ratu Tenny Leriva sebagai Duta Literasi sehingga sampai saat ini terus meningkat,” ujar Fitriana.

Baca Juga :   Buang Sampah Sembarangan di Palembang Dihukum Tiga Bulan Kurungan

Dia menyebutkan pembangunan literasi di Sumsel melibatkan semua elemen, baik itu Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumsel, sekolah, Bunda Literasi sekaligus Ketua TP PKK se-Sumsel dengan jumlah peserta mencapai 2000 orang.

“Tujuan Festival Literasi Nusantara sebagai ajang apresiasi dan penganugerahan atas capaian kegiatan literasi para duta literasi, komunitas dan pegiat literasi serta bunda literasi dan Dinas Perpustakan se Sumsel,” terangnya.

Sedangkan Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva mengatakan Festival Literasi Nusantara sudah yang ketiga kali digelar bersama Dinas Perpustakaan Sumsel.

“Alhamdulillah capaian literasi di Sumsel semakin meningkat termasuk berbagai penghargaan yang diraih,” pungkasnya. (win)

Iklan OKI

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Festival Embung Senja Wadah Promosikan Destinasi Wisata di Muba, Berlangsung Meriah, Hibur Warga Babat Supat. Foto : viralsumsel.com/dev

Festival Embung Senja Wadah Promosikan Destinasi Wisata di Muba, Berlangsung Meriah, Hibur Warga Babat Supat

viralsumsel.com, BABAT SUPAT – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata menggelar Festival …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *