Banner Iklan Pemkab Muba September
Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat hadiri sidang paripurna HUT ke-22 Kota Lubuklinggau yang digelar di ruang sidang paripurna DPRD Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Selasa (17/10/2023). Foto : viralsumsel.com/win
Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat hadiri sidang paripurna HUT ke-22 Kota Lubuklinggau yang digelar di ruang sidang paripurna DPRD Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Selasa (17/10/2023). Foto : viralsumsel.com/win

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ingatkan Pemkot Lubuklinggau Jangan Lengah Tangani Program Prioritas

viralsumsel.com, Lubuklinggau – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengapresiasi capaian pesatnya pembangunan ekonomi Kota Lubuklinggau. Oleh karena itu, dia mengingatkan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) untuk jangan lengah menangani program prioritas yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama.

“Isu lain yang perlu serius kita tuntaskan adalah terkait dengan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi. Perlu diantisipasi juga kenaikan harga kebutuhan pokok, terutama beras mengingat fenoma elmino yang menyebabkan kekeringan dan Karhutla,” ucap Fatoni saat sambutan pada sidang paripurna HUT ke-22 Kota Lubuklinggau yang digelar di ruang sidang paripurna DPRD Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Selasa (17/10/2023).

Selain itu, pesta demokrasi tahun 2024 juga perlu disiapkan anggarannya. Fatoni mengingatkan bahwa Kabupaten/Kota wajib mengalokasikan APBD untuk penyelenggaran Pilkada sebesar 40 persen di Tahun 2023 dan 60 persen di Tahun 2024.

Baca Juga :   Kantor Walikota Lubuklinggau Diresmikan

“Selain beberapa isu tadi kegiatan prioritas  kita maksimalkan, kita perlu bersatu padu membuat Sumsel semakin maju,” pungkasnya.

Fatoni mengapresiasi Kota Lubuklinggau yang berhasil menangani masalah stunting sangat signifikan. Tercatat pada tahun 2021 angka stunting mencapai 22,08 persen sementara itu pada tahun 2022 menjadi 11,07 persen.

“Kami berikan apresiasi untuk prevalensi stunting mengalami penurunan yang sangat signifikan dari tahun 2021 sebesar 22,08 persen menjadi 11,07 persen pada Tahun 2022,” kata Fatoni.

Tak hannya stunting, Fatoni juga menyorot Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Lubuklinggau sudah  mencapai kategori tinggi. Pada tahun 2022 IPM sebesar 75,53 persen atau sudah diatas capaian Sumsel dan Nasional. Begitu juga dengan kemiskinan ekstrem mengalami penurunan dari 2,33 persen pada tahun 2021 menjadi 1,20 persen pada tahun 2023.

Baca Juga :   Masjid Jamiatul Muawanah Desa Sungai Pinang Kurban 11 Hewan

“Dari sisi akuntabilitas Kota Lubuklinggau luar biasa telah mendapatkan WTP selama 12 kali berturut-turut. Hal ini merupakan hasil kerja keras seluruh Pemkot Lubuklinggau bersama-sama dengan masyarakat dan stakeholder,” kata Fatoni. (win)

Iklan OKI

Check Also

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton. Foto : viralsumsel.com/dev

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton

viralsumsel.com, MUBA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara maraton melakukan pembinaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *