Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi, saat bertandang ke Kabupaten Muba, Rabu (9/6/2021). Foto : viralsumsel.com
Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi, saat bertandang ke Kabupaten Muba, Rabu (9/6/2021). Foto : viralsumsel.com

Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan Pertama Indonesia Ada di Muba

VIRALSUMSEL.COM, MUSI BANYUASIN – Ramah anak dan sangat peduli dengan pemberdayaan perempuan, kalimat inilah yang dilontarkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi, saat bertandang ke Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (9/6/2021).

Kedatangan Bintang Puspayoga bukan tanpa sebab, dirinya bersama rombongan Kementerian PPPA pada kesempatan kali ini menobatkan Kabupaten Muba yang sudah menyandang Kabupaten Layak Anak serta dibawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menjadi daerah pertama dan percontohan di Indonesia yang memiliki Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) di Sektor Perkebunan.

“Muba luar biasa, kami Kementerian PPPA salut dengan daerah ini yang sangat nyata implementasinya dalam perlindungan perempuan dan anak. Hari ini resmi, Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) pada sektor perkebunan pertama di Indonesia ada di Kabupaten Muba,” ungkapnya di sela Peresmian Pilot Project Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) Sektor Perkebunan dan Daycare Ramah Anak Taman Asuh Gembira (TARA) di PT. Hindoli Kecamatan Sungai Lilin.

Baca Juga :   Innalillahi, Ibunda Presiden Joko Widodo Tutup Usia

Dikatakan, para pekerja, khususnya pekerja perempuan, sangatlah rentan mengalami segala bentuk tindakan kekerasan dan diskriminasi seperti sulit mendapatkan hak untuk berserikat, hak cuti hamil, cuti haid, hubungan industrial yang tidak adil serta hak perlindungan dan keselamatan kerja.

“Hal ini disebabkan karena banyak di antara mereka yang belum memahami hak-hak pekerja perempuan, serta merasa takut, malu dan tidak mengetahui tempat untuk melapor ketika mengalami kekerasan ataupun diskriminasi di tempat kerja,” tuturnya.

Bupati Musi Banyuasin, Dr Dodi Reza Alex Noerdin, mengatakan berdirinya proyek RP3 ini memberikan jaminan kepada masyarakat Musi Banyuasin, khususnya pekerja perempuan, bahwa sudah terdapat fasilitas untuk meningkatkan perlindungan pekerja perempuan dari setiap bentuk kekerasan dan diskriminasi di tempat kerja. (nto)

About Edi Triono

Check Also

Sekda Muba Apriyadi buka pelatihan kewirausahaan angkatan II di Kabupaten Muba Tahun 2021. Foto : viralsumsel.com/devi

Pemkab Muba Fasilitasi Pinjaman Rp25 Juta Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM

VIRALSUMSEL.COM, PALEMBANG – Walaupun ditengah menghadapi pandemi COVID-19, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *