Iklan Palembang Kota
Kepala Disbunak OKI, Imlan Hairun. Foto : viralsumsel.com/fir
Kepala Disbunak OKI, Imlan Hairun. Foto : viralsumsel.com/fir

Seekor Sapi Positif PMK, Disbunak OKI Batasi Lalulintas Masuk Hewan Ternak

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Serius menyikapi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disbunak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) membatasi sapi yang masuk dari luar. Untuk itu dilakukan pengawasan di daerah pasar Hewan Tugumulyo, Tugujaya monitoring di pemotongan hewan ternak termasuk lalulintas ternak jangan masuk hewan dari luar.

Kepala Disbunak OKI, Imlan Hairun mengatakan, pembatasan bekerjasama dengan instansi terkait Polres, Kodim, Kejaksaan Negeri OKI. Pihaknya membuat SK camat se kabupaten OKI terhadap pengawasan PMK dan tim gugus tugas. “Meski dibatasi tapi untuk  kebutuhan  akan konsumsi akan tetap diprioritaskan cukup,” terangnya Selasa (4/5/2022).

Kondisi satu ekor sapi yang dinyatakan positif PMK di Desa Kota Baru, Kecamatan Mesuji jenis Limosin usia 2,5 tahun itu kondisinya sekarang  sudah semakin membaik. Sapi juga sudah diberikan vitamin, antibiotik dan kandangnya harus bersih.

Baca Juga :   Koramil Tanjung Raja Kodim 0402/OKI Bersama BPBD Ogan Ilir Bantu Warga Terkena Puting Beliung

Harapannya penyakit ini tidak menyebar lagi dengan hewan lainnya. Kalaupun kondisi  hewan itu semakin tidak membaik harus segera  dipotong. Jadi nanti untuk  hewan kurban peternak wajib menyertakan  serta keterangan  sehat dari dokter hewan.

Masih kata dia, rencana besok (hari, Red) akan menggelar rapat dengan Sekda OKI, Dinas keswan ternak, Bapedda, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, Diskominfo, Sat Pol PP dan PTSP, UPT keswan kecamatan dan DPC. (fir)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Kajari OKI, Abdi Reza Fachlewi Junus MH bersama Bupati OKI Iskandar SE meresmikan Rumah Restorative Justice di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam, Kamis (23/6/2022). Foto : viralsumsel.com/fir

Jadi Contoh, Kajari OKI Resmikan Rumah Restorative Justice di Desa Mulyaguna Teluk Gelam

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Berdasarkan Keputusan Jaksa agung nomo 15 tahun 2020 perkara yang bisa dilakukan  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *