Banner Iklan Pemprov Sumsel Vaksin Booster

Iklan OKI
Banner Iklan HUT Pemkab Muba 2022
SMB IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru di pembukaan Festival Budaya Melayu 2022, di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Senin (24/10/2022). Foto : viralsumsel.com/ril
SMB IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru di pembukaan Festival Budaya Melayu 2022, di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Senin (24/10/2022). Foto : viralsumsel.com/ril

SMB IV Ajak Masyarakat dan Pemerintah Bangkitkan Lagi Nilai-Nilai Kemelayuan di Sumsel

viralsumsel.com, PALEMBANG – Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn mengaku prihatin dengan mulai tergerusnya nilai-nilai kemelayuan di Sumatera Selatan (Sumsel) termasuk di Palembang.

“ Kita harus membangkitkan lagi nilai-nilai yang ada di Sumatera Selatan yang memiliki nilai kemelayuan yang harus dikembangkan dan dibesarkan karena banyak sekali nilai-nilai melayu saat ini yang sudah mulai tergerus mulai dari cara berpakaian, cara bicara , tata krama, jadi banyak sekali nilai –nilai kemelayuan yang harus dihidupkan,” kata SMB IV usai pembukaan Festival Budaya Melayu 2022, di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Senin (24/10).

Menurutnya dengan politik identitas ini maka justru akan memperkuat karakter generasi penerus di Sumsel. Untuk itu untuk memperkuat nilai-nilai kemelayuan ini menurut pria yang berprofesi sebagai notaris dan PPAT ini maka pemerintah bersama-sama dengan masyarakat harus menghidupkan kembali nilai –nilai kemelayuan tersebut. “Harus bersama-sama sinergi karena tidak hanya peran pemerintah saja tapi masyarakat harus ikut mensukseskannya,” katanya.

Baca Juga :   Belasan Tenaga Medis Diisolasi di Rumah Sehat Jakabaring

Selain itu , pihaknya mengapresiasi inisiatip Pemprov Sumsel dalam menggelar kegiatan Festival Budaya Melayu 2022 ,walaupun tahun kemarin sempat ditunda pelaksanaannya lantaran Pandemi Covid-19 dan kini mulai di hidupkan kembali.
Sedangkan Gubernur Sumsel H Herman Deru menyarankan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, terbitkan buku tentang sejarah adat melayu khas Sumsel agar lebih dikenal masyarakat khususnya pada kaum milenial.

Dikatakan Deru, memaknai budaya melayu harus satu frekuensi dengan perkembangan zaman yang ada saat ini. Kendati begitu warisan budaya leluhur harus dipertahankan. Terlebih, Sumsel dikenal sebagai dunia peradaban bangsa melayu.
“Bukan hanya atribut yang dipertahankan. Tapi nilai yang terkandung di dalamnya harus bisa diperjuangkan,” kata Deru

Lanjutnya, festival ini bisa dijadikan untuk menggali potensi budaya melayu yang belum banyak terekspose. Selain itu, penemuan sejarah yang ditemukan di Provinsi Sumsel dapat dijadikan sebagai petunjuk agar dapat meyakinkan bahwa, Bumi Sriwijaya memang menjadi tempat awal mula budaya melayu tercipta.

Baca Juga :   Kaget GKP di OKUS Capai 9 Ton Per Hektare, HD Optimistis Sumsel Segera Jadi Jawara Penghasil Pangan di Indonesia

“Kita harus bisa kembangkan dan petahankan budaya melayu khas Sumsel agar tak lekang oleh zaman,” imbuh Deru.
Lanjut Deru, jika di Sumsel tak ada yang dapat mempertahankan adat dan budaya asli maka akan banyak kerugian yang didapat khususnya masyarakat. Untuk itu, Deru menegaskan, boleh jadi manusia modern tapi tidak meninggal khazanah kebudayaan asli. “Jika budaya ini kita tinggalkan dampaknya sangat besar bagi masyarakat,” kata Deru.

Untuk mempertahankan dan mengenalkan budaya melayu, Deru menyarankan Disbudpar Sumsel untuk m buku menerbitkan buku atau hal semacam lainnya tentang sejarah adat melayu khas Sumsel, guna masyarakat lebih mengenal khususnya kaum milenial.
“Bisa kita masifkan dengan membuat buku atau lainnya untuk mengenalkan sejarah melayu di Sumsel,” katanya.

Festival Budaya Melayu 2022 juga dimeriahkan dengan penampilan lagu-lagu dan kesenian daerah/melayu, talk show :” Seni Tradisi Melayu Kini dan Nanti “ dengan narasumber Mirza Indah Dewi, Spd , Misral M, Sn, Robby Sunata. (ril)

Iklan OKI

Check Also

Wakil Gubernur  (Wagub) Sumsel H Mawardi Yahya saat membuka IPOSC dan Expo ke II 2022  di Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (29/11/2022). Foto : viralsumsel.com/win

Buka IPOSC dan Expo, Mawardi Yahya : Berikan Peluang Bagi Petani Sawat  Untuk Berinovasi

viralsumsel.com, PALEMBANG – Indonesia Palm Oil Smallhoder Conference (IPOSC) & Expo ke II 2022 merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *