Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Karhutla 2024

EDUKASI DAMPAK DARI PENGGUNAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK-ANAK USIA DINI DI SEKOLAH DASAR NEGRI 8 DESA GUCI KECAMATAN UJAN MAS

ViralSumsel.com, Muara Enim – Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan II berikan Edukasi dampak Dari Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak-anak Usia Dini Di SDN 8 Desa Guci UjanMas

Putri Hermelani Mahasiswa Ilmu Hukum yang melaksanakan Program Kegiatan KKN yang telah disetujui Oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Zainul Marzadi, S.H M.H juga mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah untuk Mengedukasikan kepada Siswa SDN 8 desa Guci dengan Thema “Dampak Dari Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak-anak Usia Dini”.

Pengaruh gadget terhadap anak usia dini memiliki dampak positif dan negatif. Secara positif, penggunaan gadget dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kognitif, motorik, dan sosial. Mereka dapat belajar melalui aplikasi pendidikan yang interaktif, meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka.

Selain itu, gadget juga dapat menjadi alat komunikasi yang efektif antara anak dan orang tua atau anggota keluarga lainnya yang jauh. Namun, penggunaan gadget oleh anak usia dini juga memiliki dampak negatif. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di depan layar gadget dapat mengganggu perkembangan fisik dan sosial anak.

Baca Juga :   KKKS Pertamina EP (PEP) Limau Field Gelar Sosialisasi dan Syukuran Tajak Sumur Pengeboran KRG PB-1 di Desa Rambang Senuling

Dampak dari terlalu lama pada layar gadget juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti gangguan tidur dan masalah penglihatan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengatur penggunaan gadget oleh anak usia dini dengan bijak. Membatasi menggunakan gadget, memilih konten yang sesuai dengan usia, dan menggabungkan aktivitas fisik dan interaksi sosial adalah langkah-langkah penting dalam mengurangi dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari pengaruh gadget terhadap anak usia dini.

Berdasarkan hasil penelitian selama kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) berlangsung di sekolah dasar negri 08 desa guci kecamatan Ujan Mas para siswa-siswi menunjukkan ketergantungan adanya penggunaan gadget hal ini menyebabkan beberapa dari anak-anak yang sedang belajar menjadi tidak konsentrasi terhadap pelajaran yang sedang berlangsung dari sikap perilaku yang ditunjukkan siswa-siswi terkadang tidak mampu mengendalikan emosi yang mana anak-anak menjadi lebih rewel, tidak disiplin dalam hal pelajaran dan mudah marah setelah menggunakan gadget dalam waktu yang lama.

Meskipun demikian sebagian anak-anak ada yang masih bisa menunjukkan perilaku yang baik dan displin dalam kegiatan belajar. Berdasarkan Dampak dari penggunaan gadget terhadap perkembangan anak-anak usia dini, dapat diambil beberapa saran sebagai berikut :
1. Berikan alternatif yang sehat dan menarik untuk Perkembangan Anak-anak usia dini. Sediakan aktivitas fisik, seperti bermain di luar rumah, olahraga, atau kegiatan kreatif yang dapat menggantikan waktu yang dihabiskan di depan gadget.
2. Libatkan anak-anak dalam kegiatan keluarga yang melibatkan interaksi sosial dan keterlibatan aktif. Ini dapat membantu membangun hubungan yang sehat dan memperluas pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka, dan berikan perhatian dan dukungan yang konsisten.

Baca Juga :   Curhat "Mantan" Tenaga Medis RSUD OI, Kenapa yang Dipecat Tidak 150 Orang

Dengan menerapkan saran-saran dari Orang Tua dan Pendidik mampu untuk dapat meminimalkan dampak negatif penggunaan Gadget pada perkembangan anak-anak usia dini, dengan menciptakan lingkungan yang mendukung untuk perkembangan anak usia dini yang sehat dan nyaman bagi para anak-anak. (rosyid)

Penulis Artikel : Putri Hermelani ( Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angk. II Kelompo 5 Tahun 2024)

Iklan OKI

Check Also

Eksis di Expo HUT ke-44 Dekranas, Stan Gambo Muba Jadi Pusat Perhatian. Foto : viralsumsel.com/dev

Eksis di Expo HUT ke-44 Dekranas, Stan Gambo Muba Jadi Pusat Perhatian

viralsumsel.com, SOLO – Dekranasda Muba turut ambil bagian dan eksis di ajang Expo produk UMKM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *