Banner Iklan Pemkab Muba September
Gubernur Sumsel H Herman Deru Forprov Sumsel Tahun 2023. Foto : viralsumsel.com/win
Gubernur Sumsel H Herman Deru Forprov Sumsel Tahun 2023. Foto : viralsumsel.com/win

Herman Deru Buka  Forprov Sumsel Tahun 2023

viralsumsel.com, PALEMBANG – Festival Olahraga Rekreasi Provinsi (Forprov) Sumatera Selatan  2023 untuk pertama kalinya di digelar di Bumi Sriwijaya yang pembukaannya ditandai dengan pelepasan busur panah oleh Gubernu H Herman Deru bertempat di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang,  Rabu (27/9/2023) pagi.

Gubernur Herman Deru mengatakan,  Forprov 2023 pertama di Sumsel  ini merupakan menjadi agenda penting bagi. Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel setelah  sebelnua sukses menggelar Fornas dua tahun lalu yanh mendapatkan sambutan luar biasa dari  masyarakat.

“Dimana tahun 2021 Sumsel menjadi tuan rumah Fornas ke VI, bukan hanya sukses dalam penyelenggaraan tapi Sumsel juga sukses dalam prestasi,” katanya.

Bahkan lanjut Herman Deru pada Fornas di Jabar VII pun Sumsel berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa karena bisa merebut peringkat 5 besar.  Untuk itu, Herman Deru berpesan melalui Forprov Sumsel 2023 ini sebagai sarana menyeleksi inorga, atlet atau penggiat untuk mengikuti Fornas ke VIII di Nusa Tenggara Barat.

“Kita harus mempersiapkan mental dan ketangkasan agar kita dapat mempertahankan prestasi dan nama baik Sumsel. Bahwa semaraknya olahraga rekreasi ini harus di dengungkan setiap kompetisinya. Hal ini dikarenakan kita tetap harus mempertahankan kearifan lokal,” ” terang Herman Deru.

Baca Juga :   Lagi, Pasien Covid-19 di Sumsel Dinyatakan Sembuh

Oleh karenanya Herman Deru ingatkan di era saat ini olahraga-olahraga baru bahkan permainan – permainan dari online yang bisa saja menggeruskan hobin bagi para pecinta  olaharga rekrasi ini sehingga olahraga rekreasi ini harus dipertahankan.  “Maka saya apresiasi semua pembina dan struktur Kormi yang tetap mempertahankan olahraga tradisional ini. Untuk itu saya ingin kesemarakan ini terus berkesinambungan,” tutup Herman Deru.

Sementara itu, Ketua Kormi Sumsel, Hj Samantha Tivani HD mengatakan Forprov pertama di Sumsel bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh dalam bentuk partisipasi pada multievent, melestarikan permainan-permainan tradisional dan memberikan dampak yang baik dibidang perekonomian khususnya bagi para pelaku UMKM.

“Pelaksanan  Forprov ini dimulai dari tanggal 27 hingga 30 September 2023, Peserta diikuti 20 Inorga. Dan total penggiat partisipasi lebih kurang 2000 penggiat yang berasal dari 17 kabupaten/kota di Sumsel,” paparnya.

Tak hanya itu,  Samantha menegaskan,  pada saat Fornas ke VII 2023 di Jabar Provinsi Sumsel berhasil memperolah peringkat 5 dan merupakan satu satunya Provinsi di Pulau Sumatera. Dengan total perolehan medali 32 emas, 30 perak dan 38 perunggu. “Besar harapan saya melalui kegiatan Forprov ini  bisa menjadi  sarana selekai bagi para penggiat untuk mengahdapi Fornas ke VIII 2025 di NTB,” pungkasnya.

Baca Juga :   Herman Deru Bagikan 1.600 APD ke Pasar Sungsang   

Dikesempatan tersebut Gubernur Herman Deru memberikan penghargaan kepada pembina olahraga berprestasi dan berdedikasi kepada Ketua TP PKK Sumsel, Hj Feby HD dan Ketua YJI Cabang Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya serta penyerahan Donasi Bola kepada SBB.

Opening ceremony Forprov ini juga di awali dengan Defile Marchin Band, Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI), Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI), Persatuan Senam Tera Indonesia, Kebugaran Lansia Pra-lansia Indonesia (KLPI), ASPI, Persatuan Bela Diri kempo Indonesia, Federasi Seni Panahan Indonesia, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia dan Kumpulan Pelayang Indonesia dan penampilan lainnya.

Turut hadir Ketua TP PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia HD, Ketua YJI Cabang Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya ,Anggota DPRD Sumsel M Yaser, Ketua Kormi Sumsel, Hj Samantha Tivani HD, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin, Kepala OPD Sumsel serta para Inorga dan Penggiat Forprov 17 Kabupaten/Kota. (win)

Iklan OKI

Check Also

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton. Foto : viralsumsel.com/dev

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton

viralsumsel.com, MUBA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara maraton melakukan pembinaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *