Ini Sederet Capaian Kinerja dan Penghargaan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Mulai Dari Menurunkan Angka Kemiskinan Hingga Stunting. Foto : viralsumsel.com/win
Ini Sederet Capaian Kinerja dan Penghargaan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Mulai Dari Menurunkan Angka Kemiskinan Hingga Stunting. Foto : viralsumsel.com/win

Ini Sederet Capaian Kinerja dan Penghargaan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Mulai Dari Menurunkan Angka Kemiskinan Hingga Stunting

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) menorehkan berbagai capaian kinerja dan pencapaian selama menjabat sebagai kepala daerah. Salah satunya adalah tingkat kemiskinan Sumsel pada bulan Maret tahun 2023 menurun menjadi 11,78%.

Kemudian, Tingkat Kemiskinan Ekstrem Sumsel pada Maret 2023 menurun menjadi 1,29% atau turun 1,89% dari September 2022 sebesar 3,19%. Untuk Inflasi Sumsel sampai April 2024 sebesar 3,12%, telah mencapai target pada kisaran 2,5%.

Selain itu, Prevalensi Balita Stunting Sumsel pada tahun 2022 menurun signifikan menjadi 18,6% dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 24,80%. Selanjutnya, Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Sumsel telah mencapai 8.597.913 jiwa atau sebesar 97,56% pada Maret 2024 dan Kondisi Jalan Mantap Sumsel hingga akhir tahun 2023 mencapai 88,15% atau 1.568,43 km.

Provinsi Sumsel berhasil juga mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) untuk kesepuluh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga 2023.

Indeks Desa Membangun (IDM) pada Tahun 2023 terus menunjukan capaian positif dari 2.855 desa di Sumatera Selatan, komposisi tertinggi adalah desa berkembang 68,79% atau 1.964 desa, desa maju sebesar 25,67% atau 733 desa serta Penyelesaian RTRW Provinsi Sumatera Selatan telah sampai pada tahap Penandatangan Berita Acara Kesepakatan Substansi Antara Pj. Gubernur Sumatera Selatan dengan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 7 Desember 2023.

Selain capain kinerja yang membanggakan itu Pj Gubernur  Agus Fatoni berhasil menorehkan prestasi dengan 37 penghargaan yang berhasil dikumpulkan pada periode Oktober 2023-Juni 2024. Dari 37 penghargaan tersebut 20 di antaranya didapatkan oleh Pj Gubernur Agus Fatoni.  Sedangkan untuk penghargaan yang diraih Provinsi Sumatera Selatan selama tahun 2023 berjumlah 56 penghargaan.

Baca Juga :   Wong Sumsel Ini Dinobatkan Jadi Wanita Panutan 2019

Adapun penghargaan yang didapatkan Pj Gubernur Agus Fatoni diantaranya Penghargaan Apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Provinsi tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, kemudian penghargaan kepada Pj Gubernur Sumsel sebagai Akselerator Entas Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network, serta penghargaan kepada Pj Gubernur Sumsel atas komitmen dan kepedulian dalam pengembangan profesi Guru dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumsel.

Kemudian, Penghargaan Anugerah Meritokrasi KASN 2023 dengan dua kategori penghargaan, yaitu Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Selanjutnya Juara Pertama Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 dengan Predikat Pemerintah Provinsi Terinovatif, Penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 kategori Nilai Tertinggi se-Sumatera dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, penghargaan kepada Provinsi Sumatera Selatan masuk kategori zona hijau kategori B (opini kualitas tinggi) dari Ombudsman Sumsel, Penghargaan kepada Pemprov Sumsel atas pencapaian memenuhi Kelengkapan Atribut pada Sembilan Variabel dari Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Selanjutnya, Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM (Kumham) Republik Indonesia (RI) serta Penghargaan TOP BUMD Award 2024 atas peran dan kontribusi Kepala Daerah terhadap kinerja BUMD dari Majalah Top Business.

Baca Juga :   DPC PJS Muara Enim Jalin Sinergitas Bersama PT. Bukit Asam, Tbk

Lalu, Penghargaan Birokrat Peduli Pers dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan, penghargaan kepada Pj. Gubernur Sumatera Selatan atas kepemimpinannya yang berdedikasi tinggi terhadap pembangunan pemuda dan sosial masyarakat di Sumsel dari Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Bagian Selatan (Badko ΗMI), penghargaan Kartika Pamong Praja Madya kepada Pj. Gubernur Sumatera Selatan dari Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), penghargaan kepada Pj. Gubernur Sumsel sebagai Sahabat dan Mitra PWI dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan penghargaan kepada Pj. Gubernur Sumsel sebagai tokoh sahabat Guru atas prestasi dan keberhasilannya dari Media Group Network.

Tidak hanya berhasil menorehkan penghargaan di kancah nasional, Pj Gubernur Provinsi Sumsel Agus Fatoni dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Tyas Fatoni juga mendapat penghargaan dari tokoh adat Provinsi Sumsel di antaranya, pemberian Gelar adat “Suttan Mangku Keresidenan” dari Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur, pemberian Gelar adat “Meraje Emban Adat” dari Ketua Adat Kabupaten Muara Enim, pemberian Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Untuk Penghargaan yang diraih Provinsi Sumatera Selatan selama tahun 2023 berjumlah 56 penghargaan (14 penghargaan bidang Tata Kelola Pemerintahan, 7 Penghargaan bidang Ekonomi, 3 penghargaan bidang Infrastruktur, 7 penghargaan bidang Sumber Daya Manusia, dan 25 penghargaan bidang Sosial). Terdiri atas 31 penghargaan pada periode Januari-September 2023 dan 25 penghargaan pada periode Oktober-Desember 2023.

Iklan OKI

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Festival Embung Senja Wadah Promosikan Destinasi Wisata di Muba, Berlangsung Meriah, Hibur Warga Babat Supat. Foto : viralsumsel.com/dev

Festival Embung Senja Wadah Promosikan Destinasi Wisata di Muba, Berlangsung Meriah, Hibur Warga Babat Supat

viralsumsel.com, BABAT SUPAT – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata menggelar Festival …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *