Kualifikasi Piala Dunia 2026 : Timnas Indonesia Gunduli Vietnam 3-0. Foto : pssi
Kualifikasi Piala Dunia 2026 : Timnas Indonesia Gunduli Vietnam 3-0. Foto : pssi

Kualifikasi Piala Dunia 2026 : Timnas Indonesia Putus Rekor Buruk 20 Tahun, Menang di Kandang Vietnam

viralsumsel.com, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia akhiri torehan buruk di Hanoi, Vietnam.

Ya, pada laga keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Skuat Garuda –julukan Timnas Indonesia- berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor telak 3-0 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam.

Sebagaimana diketahui Timnas Indonesia melawat ke kandang Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi dan terakhir kali Skuad Garuda ke tempat ini adalah pada awal tahun 2023 silam.

Pada lawatan terakhirnya ke Hanoi, Indonesia tercatat takluk dengan skor 0-2, sekaligus gagal menembus babak final Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tercatat sudah hampir 20 tahun tak mampu mengamankan kemenangan ketika bertandang di Vietnam.

Terakhir kali Skuad Merah Putih meraih kemenangan di Hanoi terjadi pada 11 Desember 2004 silam pada ajang Piala Tiger (selanjutnya menjadi Piala AFF) 2004 di babak penyisihan grup.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Timnas Indonesia yang saat itu dilatih oleh pelatih asal Inggris Peter White dapat mengamankan kemenangan meyakinkan 3-0 berkat gol-gol yang dicetak oleh Mohammad Mauly Lessy, Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma.

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Saksikan Offroad di Sekitar Trase Jalan Tol Palembang-Betung

Dalam laga tadi malam, Timnas Indonesia unggul cepat saat laga baru berjalan 9 menit lewat defender, Jay Idzes. Pemain Venezia klub Serie B Liga Italia ini menmanfaatkan umpan dari tendangan sudur Thom Haye dengan heading yang tidak dapat dijangkau penjaga gawang Vietnam. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Tak lama berselang pada menit 23 Timnas Indonesia anak asuh Shin Tae-yong kembali mencetak gol. Kali ini giliran Ragnar Oratmangoen yang mencatatkan namanya di papan skor.

Lewat aksi solo run dari sisi kanan dalam kotak penalty Vietnam,  Ragnar Oratmangoen melepaskan tempakan keras dari kaki kiri tidak mampu ditepis penjaga gawang Vietnam. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Setelah gol kedua, Vietnam mencoba bangkit. Pertahanan Indonesia mendapat tekanan dan ancaman dari lini depan Indonesia. Namun beruntung hingga turun minum kedudukan tidak berubah tetap 2-0 untuk keunggulan Merah-Putih.

Baca Juga :   Marquez Gagar Otak Akibat Crash di Moto GP Mandalika

Pada babak kedua, Timnas Indonesia tetap bermain lebih bertahan. Beberapa kali gawang Timnas Indonesia yang dijaga Ernando Ari mendapat ujian. Kokohnya lini pertahanan yang digawangi Jay Idzes, Rizky Ridho dan N. Tjoe-A-On membuat lini depan Vietnam kesulitan mencetak gol.

Pada masa injury time 90+8 lewat skema dari tendangan sudut yang dilakukan oleh Thom Haye bole kemelut didalam kotak penalty mampu dimanfaatkan striker pengganti Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta untuk menjadi gol. Dengan tenang pemain Persis Solo ini menciptakan gol dengan kaki kiri.

Dengan tambahan tiga poin memantapkan posisi Timnas Indonesia di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan koleksi 7 poin. Hanya beda dua poin dari Iraq pada posisi puncak dengan raihan 9 poin.

Ini merupakan kemenangan kedua atas Vietnam dalam penyisihan Grup. Sebelumnya Indonesia menang 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam. (asa)

Iklan OKI

Check Also

Penyerang Timnas Indonesia U-23, Rafael Struick saat dilanggar pemain belakang Timnas Jordania U-23. Foto : pssi

Target Berikutnya Lolos Olimpiade, usai Timnas Indonesia Melaju Ke Perempat Final Piala Asia U-23

viralsumsel.com, JAKARTA – Target tinggi kembali diusung PSSI usai Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *