Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Karhutla 2024
Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan ke ll Membuat Gelang dari Manik-manik Bersama Siswa SDN 15 Desa Muara Harapan. Foto : viralsumsel.com/rosyid
Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan ke ll Membuat Gelang dari Manik-manik Bersama Siswa SDN 15 Desa Muara Harapan. Foto : viralsumsel.com/rosyid

Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan ke ll Membuat Gelang dari Manik-manik Bersama Siswa SDN 15 Desa Muara Harapan

viralsumsel.com, Muara Enim – Mahasiswa KKN Universitas Muara Enim Angkatan ll Kelompok 2 ,Melakukan Kegiatan keterampilan membuat Gelang dan Cincin Di SDN 15 Muara Enim Desa Muara Harapan . Adapun kegiatan keterampilan membuat Gelang dan dari manik manik tersebut dibuat pada hari Sabtu ( 09/03) kemarin oleh Mahasiswa KKN Universitas Serasan ,Senin (13/05/2024).

Dalam Kegiatan Mahasiswa KKN Universitas Serasan bersama Guru dan Siswa SDN 15 Muara Enim membuat Gelang dari manik-manik bertempat Di SDN 15 Desa Muara Harapan Jam 09.30 wib sampai selesai.

Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan ke ll Membuat Gelang dari Manik-manik Bersama Siswa SDN 15 Desa Muara Harapan. Foto : viralsumsel.com/rosyid
Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan ke ll Membuat Gelang dari Manik-manik Bersama Siswa SDN 15 Desa Muara Harapan. Foto : viralsumsel.com/rosyid

Saat ini di media sosial banyak informasi tentang cara membuat gelang, cincin, serta kalung dari manik-manik melalui kegiatan ini, anak-anak dapat mengenal dan praktik membuat kerajinan manik-manik. Agar nantinya anak-anak disekitar SDN 15 Muara Enim mampu membuat kerajinan manik-manik. Selain itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan jiwa wirausaha bagi anak-anak dengan kemampuan yang telah mereka dapatkan dari pelatihan. mampu membuat kerajinan manik-manik khususnya gelang.

Selain itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan jiwa wirausaha bagi anak-anak dengan kemampuan yang telah mereka dapatkan dari pelatihan. Manik-manik merupakan hiasan kecil yang terbuat dari plastik, kaca, atau logam yang digunakan untuk membuat perhiasan dengan cara dijalin atau dijahit Bersama untuk menciptakan kreasi artistik. Manik-manik memiliki jenis diantaranya yaitu manik akrilik motif dan mote lokal.

Manik akrilik motif yaitu manik yang didesain tertentu dan diwarnai untuk memberikan kesan hidup dan berwarna pada manik-manik. Manik akrilik motif ini dari bahan plastik yang tahan dari cuaca apapun, biasanya sering digunakan di dalam berbagai kegiatanManik-manik ini juga memiliki motif dan bentuk yang unik sehingga membuat kesan tidak membosankan jika dilihat.

Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan ke ll Membuat Gelang dari Manik-manik Bersama Siswa SDN 15 Desa Muara Harapan. Foto : viralsumsel.com/rosyid
Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angkatan ke ll Membuat Gelang dari Manik-manik Bersama Siswa SDN 15 Desa Muara Harapan. Foto : viralsumsel.com/rosyid

Manik mote lokal merupakan manik-manik yang berukuran kecil, yang dibuat Dengan metode tradisional di suatu daerah.istilah ini bisa bervariasi tergantung pada konteksnya, seperti dalam seni, kerajinan tangan, atau busana tradisional. Manik-manik ini biasanya terbuat dari bahan lokal seperti tanah liat, kaca, atau bahan alami lainnya. Manik ini biasanya digunakan untuk membuat aksesori seperti gelang, kalung, atau hiasan lainnya.

Baca Juga :   Walikota Prabumulih Ridho Yahya Tinjau Tol Prabumulih-Indralaya, Beroperasi 15 April

Metode Pembuatan Gelang dari manik-manik

Pelaksanaan dipandu oleh Mahasiswa KKN a.n Niken. menjelaskan tentang keterampilan membuat gelang, dimana dalam proses pembuatan- nya sangat menyenangkan dan mudah dibuat.
Kemudian Peserta dibagikan bahan, dan diberi pejelasan tentang :
1. Nama bahan, jenis bahan, masing-masing harganya dan tempat pembelianya.
2. Contoh bentuk-bentuk yang sudah jadi dan variasinya serta kemungkinan pengembangan ide-ide yang dapat dilakukan.
3. Harga jual, kemasan dan pangsanya, seperti untuk dijual eceran, dijual di konter khusus dll.
Selanjutnya peserta diajarkan membuat kerajinan dengan langsung praktik, bagi peserta yang telah selesai langsung diajarkan membuat kerajianan lainya. kemudian diberikan tambahan bahan untuk praktik pengembangan di rumah masing-masing.

Bahan yang dibutuhkan:
a. Tali elastis untuk merangkai gelang
b. Manik-manik
c. Gunting
d. Plester atau binder clip
e. Lem

Langkah Pembuatan Gelang dari manik-manik :
Langkah – langkah pembuatan :
1. Ukurlah pergelangan tangan dan potong tali elastis sedikit lebih panjang. Ambil tali elastis dan lilitkan satu setengah kali di pergelangan tangan. Potonglah dengan gunting. Tali dibuat sedikit lebih panjang sehingga nantinya bisa diikat.
2. Rentangkan tali elastis.
Pegang tali elastis di antara jari-jari dan rentang kan pelan-pelan. Hal ini akan mencegah tali elastis agar tidak melar nantinya dan menimbulkan celah
3. Rekatkan plester pada salah satu ujung tali elastis.
Hal ini akan mencegah manik-manik agar tidak terlepas saat dipasang. Jika tidak ada plester, atau jika plester tidak merekat, gunakan binder clip (penjepit tumpukan kertas).
4. Pasang manik-manik pada tali elastis.
Kita tidak memerlukan jarum untuk melaku- kannya; sebagian besar tali elastis cukup kaku sehingga manik-manik bisa dipasang secara langsung pada tali. Pegang tali elastis di dekat bagian ujungnya dan pasanglah manik-manik.
5. Coba pasang manik-manik dengan lubang terbesar terlebih dahulu.
Jika gelang sudah selesai dibuat, Anda bisa menyem- bunyikan simpulnya dengan menyelipkannya di bawah manik-manik tersebut.
6. Pasang terus manik-manik hingga mencapai panjang yang diinginkan.
Sekali-sekali, jangan lupa untuk melilitkan gelang di pergelangan tangan. Manik-manik pertama dan terakhir harus bersentuhan dan gelang harus agak longgar. Gelang tidak boleh direntangkan pada pergelangan tangan. Jika terlihat celah atau tali, diperlukan beberapa manik-manik lagi.
7. Lepaskan atau potonglah plester dan buat simpul persegi (square/surgeon knot).
Mulailah dengan mengikat kedua ujung tali elastis di atas dan di bawah satu sama lain seperti mengikat sepasang tali sepatu. Buat lagi simpul lain seperti itu namun jangan dikencangkan; Hasilnya akan tampak seperti lingkaran. Lilitkan salah satu ujung tali di sekitar satu sisi lingkaran. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang satunya lagi. Sekarang simpulnya bisa dikencangkan.
8. Coba selipkan simpul di bawah salah satu manik-manik di sebelahnya.
Hal ini akan menentukan bagaimana kita menyelesaikan gelang.
a.Jika Anda bisa menyelipkan simpul di bawah salah satu manik-manik, potonglah sisa tali dan oleskan lem pada simpul. Selipkan simpul di bawah manik-manik.
b.Jika simpul tidak bisa diselipkan di bawah salah satu manik-manik, selipkan kedua ujung tali ke dalam manik-manik. Oleskan lem di atas simpul untuk mengencangkannya
9.Tunggu hingga lem mengering sebelum gelang dipakai.
Jika gelang terburu-buru dipakai, simpulnya bisa lepas dan lemnya bisa pecah. Kebanyakan lem akan mengering sekitar 15 menit dan mengeras setelah 24 jam; perhatikan label kemasan lem untuk mengetahui waktu pengeringan yang lebih tepat.

Baca Juga :   Jokowi Presiden Kedua Kunjungi Pagaralam Setelah Soekarno

Pada bagian akhir kegiatan dilakukan evaluasi terhadap kerapihan hasil kerja dan dibenahi serta diberi petunjuk melakukan pembetulanya. Hasil pekerjaan peserta dibawa, menjadi milik peserta pelatihan. Bahkan beberapa peserta minta dibawakan lagi bahan-bahan untuk dibawa selain bahan yang telah diberikan.

Kegiatan ditutup dengan memberikan pesan bahwa ketrampilan yang diberikan selain untuk dipakai/dimanfaatkan sendiri, juga agar diperguna- kan untuk memproduksi barang dan mendukung minat berwirausaha pada siswa SDN 15 Muara Enim Desa Muara Harapan. (man)

Penulis Artikel : Niken (Mahasiswa KKN Universitas Serasan Angk. II)

Iklan OKI

Check Also

Eksis di Expo HUT ke-44 Dekranas, Stan Gambo Muba Jadi Pusat Perhatian. Foto : viralsumsel.com/dev

Eksis di Expo HUT ke-44 Dekranas, Stan Gambo Muba Jadi Pusat Perhatian

viralsumsel.com, SOLO – Dekranasda Muba turut ambil bagian dan eksis di ajang Expo produk UMKM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *