Banner Iklan Pemkab Muba September
Pemerintah Provinsi dan TP PKK Sumsel Dirikan Dapur Umum Bencana di Muratara. Foto : viralsumsel.com/win
Pemerintah Provinsi dan TP PKK Sumsel Dirikan Dapur Umum Bencana di Muratara. Foto : viralsumsel.com/win

Pemerintah Provinsi dan TP PKK Sumsel Dirikan Dapur Umum Bencana di Muratara

viralsumsel.com, Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) bersama  Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi  mendirikan dapur umum di lokasi bencana banjir yang melanda dua desa di Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sabtu (30/12/2023).

Dimana akibat meluapnya sungai rupit tersebut menyebabkan putusnya jembatan gantung yang menghubungkan dua desa yakni antara Desa Batu Gajah dengan Desa  Batu Gajah Baru akibatnya 1 unit rumah warga rusak ringan dan  15000 orang warga terdampak akibat jembatan putus.

Guna meringankan beban warga yang terdampak banjir tersebut, Pemprov Sumsel bersama TP PKK Provinsi mendirikan dapur umum dalam membantu makan warga sekitar.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel melalui Kepala BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana menegaskan, pihaknya telah berupaya membantu masyarakat yang terdampak banjir diantaranya dengan menerjunkan  2 Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Provinsi ke lokasi bencana untuk melakukan  kajian sekaligus melakukan navigasi bencana antisipasi banjir susulan.

Baca Juga :   Desa Kemang Tanduk di Prabumulih Bakal Jadi Penghasil Mangga Segar

“Masyarakat yang terdampak sekitar 15 ribu orang. Kita kitakan warga ini untuk  tetap tenang  dan waspada kalau terjadi banjir susulan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sumsel, Mirwansyah, S.Km, M.Km menegaskan Pemerintah Provinsi bersama dengan TP PKK Provinsi Sumsel  telah mengambil langkah cepat membantu warga dengan mendirikan dapur umum.

“Selain  memberikan bantuan makanan siap saji, kita juga telah mendirikan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak banjir,” tegasnya.

Selain bantuan dari Pemprov, lanjut dia, juga ada bantuan  paket sandang  untuk sementara yang diberikan PTBA, PT Djarum, dan SKK Migas.

“Sejauh ini kita telah kita salurkan bantuan tahap pertama berupa logistik  sembako dan bantuan sandang. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan lagi,  kita akan salurkan kepada warga yang terdampak bencana di sana,” imbuhnya.

Baca Juga :   Prabumulih Bersama Empat Daerah Lain di Sumsel Masuk Zona Hijau Covid-19  

Adapun bantuan logistik yang telah disalurkan Pemprov  bagi warga yang terdampak banjir di Desa Batu Gajah Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sekitar pukul 17.45 Wib, Sabtu (30/12/2023) diantaranya berupa 800 Paket Sembako (Mie Instan 8000 bungkus, Minyak Goreng 800 Bungkus, Gandum 800 Bungkus, Gula Pasir 800 Bungkus, Saos Sambal 1600 Btl, Kecap Manis 1600 Botol, Sarden 3200 kaleng Goodie Bag 800 Pcs. (win)

Iklan OKI

Check Also

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton. Foto : viralsumsel.com/dev

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton

viralsumsel.com, MUBA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara maraton melakukan pembinaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *