Banner Iklan Pemkab Muba September
Pj Gubernur Sumsel dan Pj Ketua PKK Sumsel Gerak Cepat Beri Bantuan Bencana di Muratara. Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Sumsel dan Pj Ketua PKK Sumsel Gerak Cepat Beri Bantuan Bencana di Muratara. Foto : viralsumsel.com/win

Pj Gubernur Sumsel dan Pj Ketua PKK Sumsel Gerak Cepat Beri Bantuan Bencana di Muratara

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur, Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tyas Fatoni gerak cepat memberikan bantuan bagi  warga yang terdampak banjir di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), sekitar pukul 17.45 Wib, Sabtu (30/12/2023).

Bantuan pertama yang telah disalurkan kepada warga yang terdampak banjir tersebut,  berupa paket logistik sembako  diantaranya 800 Paket Sembako (Mie Instan 8000 bungkus, Minyak Goreng 800 Bungkus, Gandum 800 Bungkus, Gula Pasir 800 Bungkus, Saos Sambal 1600 Btl, Kecap Manis 1600 Botol, Sarden 3200 kaleng Goodie Bag 800 Pcs.

“Selain itu kita juga salurkan bantuan terpal dan selimut masing-masing  100 lembar terpal dan 100 lembar selimut,”  ungkap Pj Gubernur A. Fatoni, Minggu (31/12/2023).

Baca Juga :   Sah, Sungai Karangkuang Jadi Kampung Tangguh Nusantara Musi

Dikatakan Fatoni, beberapa saat pasca banjir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel langsung melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara untuk melakukan pendataan di lapangan.

“Pemerintah Provinsi Sumsel bersama dengan TP PKK Sumsel juga langsung mendirikan dapur umum untuk membantu masyarakat yang terdampak,” tambahnya.

Pemprov Sumsel lanjut dia, juga telah mengirim  2 Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi ke lokasi bencana untuk melakukan  kajian sekaligus melakukan navigasi bencana antisipasi banjir susulan.

“Masyarakat tetap kita minta tetap tenang serta meningkatkan kewaspadaan kalau terjadi banjir susulan,” tandasnya.

Untuk diketahui berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel, banjir ini menyebabkan jembatan gantung   penghubung Desa Batu Gajah dengan Desa  Batu Gajah Baru  Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara  terputus.

Putusnya jembatan akses penghubung dua desa bertetangga tersebut disebabkan  rumpun bambu yang ikut hanyut tersapu banjir, sehingga menghantam jembatan gantung yang menjadi akses warga dari kedua itu tersebut.

Baca Juga :   BTN Hadiahi Ambulance Pada Milad ke-357 Kesultanan Palembang

Dilain pihak  Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sumsel, Mirwansyah, S.Km, M.Km menegaskan pihaknya telah menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak banjir di Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara.

“Bantuan Pemerintah Provinsi berupa  makanan siap saji, mendirikan dapur umum. Ini sesuai dengan instruksi pak Pj Gubernur,” imbuhnya.

Selain bantuan dari Pemprov, lanjut dia, juga ada bantuan  paket sandang  untuk sementara yang diberikan PTBA, PT Djarum, dan SKK Migas.

“Sejauh ini kita telah kita salurkan bantuan tahap pertama berupa logistik  sembako dan bantuan sandang. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan lagi,  kita akan salurkan kepada warga yang terdampak bencana di sana,” tandasnya. (win)

Iklan OKI

Check Also

Cegah DBD, Pemkab Muba Luncurkan Gerakan Bersih Lingkungan. Foto : viralsumsel.com/dev

Cegah DBD, Pemkab Muba Luncurkan Gerakan Bersih Lingkungan

viralsumsel.com, MUBA – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Rapat Koordinasi percepatan penanggulangan terhadap peningkatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *