Pemkab Muba terus meningkatkan pos pelayanan mendirikan pos pandu untuk kapal yang melintas di jembatan P6 Kecamatan Lalan. Foto : viralsumsel.com/dev
Pemkab Muba terus meningkatkan pos pelayanan mendirikan pos pandu untuk kapal yang melintas di jembatan P6 Kecamatan Lalan. Foto : viralsumsel.com/dev

Pemkab Muba Imbau Pemudik Gunakan Angkutan Umum, Dishub Kawal Kapal Melintas Jembatan P6 Lalan

viralsumsel.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) melakukan himbauan kepada pemudik tidak berboncengan motor. Selain kurang nyaman juga bisa menimbulkan masalah keamanan berkendara. Hal ini karena lebaran idul fitri tahun ini waktunya dekat dengan prakiraan cuaca badai El Nino April -Mei 2023.

Disebutkan oleh Plt Sekretaris Dinas Perhubungan Muba, Ahmad Wendiansah SSiT Pemkab Muba mendirikan pos terpadu di Lais, Sekayu, Sungai Lilin, Sanga Desa dan Bayung Lencir. “Kita sudah tentukan titik posko terpadu. Besok (Kamis) kami ikut zoom meet Polda Sumsel dan Jajaran di Polres Muba untuk koordinasi dan memastikan pelayanan lalu lintas bagi pemudik lebaran yang melintasi wilayah Sumsel khususnya di jalur keluar-masuk Muba,” terang Wendi.

Baca Juga :   200 'Warga' Pasar Lubuklinggau Dirapid Test

Dirinya juga menegaskan Pemkab Muba terus meningkatkan pos pelayanan di sungai-sungai. Salah satunya mendirikan pos pandu untuk kapal yang melintas di jembatan P6 Kecamatan Lalan.

“Kalau soal aturan lalulintas kapal di bawah jembatan P.6 di Kecamatan Lalan sudah dibuat dan diterapkan sejak tahun lalu. Yakni berupa Surat Edaran Nomor : B-550/133/DISHUB-III/2022 tentang pengaturan berlalulintas di bawah jembatan P.6 Kecamatan Lalan, sebagai upaya menjaga aset daerah.

“Isinya antara lain ketinggian muatan kapal yang boleh melintas maksimal 8 meter, dihitung dari muka air tertinggi.  Nah masa ramadan hingga lebaran kita makin intensifkan pengawalan kapal. Yang pasti mengatur lalu lintas, menerima permintaan kapal mau melintas dan memandu kapal,” terangnya.

Baca Juga :   Peradaban Fest 2022 Bakal Digelar di Kayuagung, Ajang Edukasi Bagi Generasi Muda

Selain mengatur lalulintas air di jembatan P6, Pemkab Muba memang menjaga jembatan P6 sebagai aset penting Muba  dan  sangat vital bagi akses masyarakat yang menghubungkan Kecamatan Lalan dengan daratan Muba dan ke Jalan Nasional di Kecamatan Sungai Lilin.

“Terus terang beberapa kali terjadi masalah dengan jembatan P6. Yang fendernya (pengaman jembatan)  ditabrak kapal tongkang, baik perusahaan tongkang batu bara maupun perusahaan yang mengangkut kayu. Tentu kita tak ingin ada kejadian lagi apalagi si saat puasa hingga lebaran,” tandasnya. (dev)

Iklan OKI

Check Also

Ratu Dewa Bakal Ajukan Pensiun Dini dari PNS. Foto : viralsumsel.com/nto

Ratu Dewa Bakal Ajukan Pensiun Dini dari PNS

Viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Walikota Palembang, H Ratu Dewa bakal ajukan pensiun dini dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *