Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Karhutla 2024
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Janji Segera Renovasi Bangunan Asrama SMAN 3 Kayuagung OKI yang Terbakar. Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Janji Segera Renovasi Bangunan Asrama SMAN 3 Kayuagung OKI yang Terbakar. Foto : viralsumsel.com/win

Pj Gubernur Agus Fatoni Janji Segera Renovasi Bangunan Asrama SMAN 3 Kayuagung OKI yang Terbakar

viralsumsel.com, Ogan Komering Ilir – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berjanji akan segera merenovasi bangunan Asrama SMA Negeri 3 Kayuagung yang terbakar. Hal ini diungkapkannya saat meninjau langsung lokasi bekas kebakaran Asrama Putra SMA Negeri 3 Kayuagung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (7/5/2024).

Nantinya akan dilakukan pergeseran anggaran melalui Belanja Tak Terduga (BTT) guna merenovasi bangunan tersebut. Oleh karena itu, Fatoni menugaskan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi untuk melakukan perhitungan dana yang dibutuhkan setelah itu baru melakukan proses pergeseran anggaran.

“Tahun ini langsung dilakukan perbaikan kita langsung proses. Kalau prosesnya ini sudah berjalan langsung, ada proses perencanaan, ya bulan-bulan ini bisa dilaksanakan,” ucap Fatoni.

“Taksiran dana sekitar Rp 2 miliar lebih. Kita akan renovasi tidak merobohkan, tetapi yang bisa dimanfaatkan tetap kita manfaatkan. Jadi akan kita perbaiki,” sambungnya.

Fatoni mengatakan pemerintah harus hadir di tengah masyarakat guna melihat dan memastikan apa yang menjadi kebutuhan. Oleh karena itu, pihaknya melihat langsung dari dekat kondisi bangunan asrama SMAN 3 OKI yang terbakar tersebut.

Baca Juga :   Pj Gubernur Agus Fatoni Dukung Lomba Simulasi Code Blue yang Digelar oleh PERDATIN Sumsel dan RSMH Palembang

“Kalau ada kerusakan sarana prasarana seperti ini, tentu belum dianggarkan sebelumnya. Maka akan selalu melakukan pergeseran anggaran untuk memperbaiki asrama ini,” tegasnya.

Fatoni mengingatkan pihak sekolah untuk terus memantau dan memeriksa instalasi listrik secara berkala guna menghindari kejadian serupa. Kedepannya, dia juga akan memberikan bantuan berupa kebutuhan peralatan sekolah bagi siswa terdampak.

“Untuk jangka pendek, kita penuhi kebutuhan siswa-siswanya, Kemudian melengkapi alat-alat yang diperlukan yang prosesnya tidak terlalu lama,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati OKI Asmar Wijaya berterima kasih atas respon cepat Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni beserta jajaran yang akan membantu perbaikan gedung asrama SMKN 3 Kayuagung OKI yang terbakar.

“SMA ini adalah sekolah dengan banyak peminat termasuk dari luar kota dan provinsi. Dan banyak menghasilkan alumni-alumni berkualitas serta banyak diterima di Universitas favorit, Akpol, Akmil, STPDN,” jelasnya.

Baca Juga :   Gubernur Ungkap Fakta Alasan Restui PSBB Palembang Kedua, Siapkan 10.000 Rapid Tes Bisa Drive Thru

Sementara itu, Kepsek SMAN 3 Kayuagung Anis Joko Santoso melaporkan kronologi gedung asrama SMKN 3 OKI terjadi pada Sabtu 4 Mei 2024 sekitar pukul 08 00 WIB. Kebakaran diduga karena korsleting listrik dikamar 36 lantai 2, akibatnya api menjalar hingga menghanguskan 24 kamar dan 11 kamar lainnya juga ikut terdampak.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Pada saat kejadian terdapat 27 orang siswa yang menginap. Asrama ini biasanya digunakan oleh sekitar 162 siswa kelas 10 dan 11,” jelasnya.

Selain itu, Joko mengatakan sekolah tersebut mengalami sejumlah kerugian. Di antaranya gedung permanen terbakar, seragam sekolah, barang pribadi dan ratusan buku milik siswa hangus.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Agus Fatoni juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan siswa berupa bantuan baju seragam sekolah, makanan dan peralatan alas tidur. Selain itu, dia juga menyerahkan uang tunai sebesar Rp 25 juta yang diberikan kepada pihak sekolah. (win)

Iklan OKI

Check Also

Mahasiswa KKN Universitas Serasan Kelompok 6 adakan Sosialisasi Sanitasi Pembuangan Air Limbah Rumah Tangga Desa Pinang Belarik

ViralSumsel.com, Muara Enim —  Mahasiswa Universitas Serasan Angkatan II Kelompok 6 Tahun 2024 Adakan Sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *