Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang. Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang. Foto : viralsumsel.com/win

Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melepas keberangkatan 445 jemaah calon haji (calhaj) kloter pertama embarkasi Palembang. Kegiatan ini berlangsung di Asrama Haji Palembang, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (11/5/2024).

“Kloter pertama yang akan berangkat besok sebanyak 445 jemaah haji dan 5 orang petugas kloter. Ada 19 kloter keberangkatan haji dari Provinsi Sumsel dan Provinsi Bangka Belitung. Keberangkatan dari tanggal 12 Mei hingga 2 Juni 2024,” ujar Fatoni.

Dia juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji kepada para jemaah dikarenakan telah mendapatkan panggilan dari Allah SWT menuju tanah suci. Ibadah haji sebagai rukun islam kelima sendiri wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi umat muslim yang mampu secara materi, fisik dan mental.

“Setelah penantian yang cukup panjang, terlebih saat pandemi covid-19 sempat melanda, akhirnya Insya Allah akan segera menuju tanah suci dan segera membaur bersama dengan jemaah dari seluruh dunia dan segera melakukan rangkaian ibadah wajib maupun sunnah hingga pada saatnya nanti akan melaksanakan puncak haji di Padang Arafah,” kata Fatoni.

Baca Juga :   AW Noviadi : 500 Atlet Bakal Ramaikan Palembang Triathlon 2020

Fatoni juga berpesan kepada para jemaah agar tetap fokus menjalankan ibadah haji serta menjaga kesehatan. Dia juga mendoakan mereka agar nantinya memperoleh haji yang mabrur.

“Saya titip doa untuk daerah kita (Sumsel) ini agar bisa maju, tingkat kemiskinannya menurun, masyarakatnya sejahtera, damai dan sentosa. Juga doakan para pemimpin kita baik yang ada di pusat maupun di daerah,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Armet Dachil mengatakan jemaah calon haji embarkasi Palembang terdiri dari 19 kelompok terbang (kloter). Kloter pertama hingga kloter 9 berangkat di gelombang pertama, sedangkan kloter 10 sampai 19 berangkat di gelombang kedua.

Baca Juga :   Warga Miskin Ekstrem di Muba Bakal Dapat Gaji Tambahan Rp325 Ribu Perbulan, Pj Bupati Muba Apriyadi Cover 16 Ribu Lebih Warga di Muba

“Jemaah haji gelombang pertama diterbangkan dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang menuju Bandara Madinah, sedangkan jemaah haji gelombang kedua diterbangkan dari Palembang menuju Jeddah,” jelasnya.

Dia menyebut kloter 1 embarkasi Palembang terdiri dari jamaah asal kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin. Jemaah haji embarkasi Palembang diberangkatkan dengan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan kapasitas 450 seat.

“Kloter 1 embarkasi Palembang dijadwalkan terbang meninggalkan bandara SMB II Palembang pada hari Minggu 12 Mei 2024, pukul 07:40 WIB,” tandasnya.

Tampak hadir dalam pelepasan jemaah haji, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, jajaran Kemenag Sumsel dan para Kepala OPD Sumsel/mewakili. (win)

Iklan OKI

Check Also

BPBD Muba Berhasil Evakuasi Satu Primata Siamang di Desa Keramat Jaya Muba. Foto : viralsumsel.com/dev

BPBD Muba Berhasil Evakuasi Satu Primata Siamang di Desa Keramat Jaya Muba

viralsumsel.com, MUBA – Berikan rasa aman pada warga, dengan sigap Pemkab Muba melalui Badan Penanggulangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *