Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024 Banner Iklan Pemkab Muba Maret 2024
Pj Gubernur Agus Fatoni Tinjau Lokasi Banjir di Muara Enim, Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak. Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Agus Fatoni Tinjau Lokasi Banjir di Muara Enim, Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak. Foto : viralsumsel.com/win

Pj Gubernur Agus Fatoni Tinjau Lokasi Banjir di Muara Enim, Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak

viralsumsel.com, Muara Enim – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meninjau sejumlah titik lokasi banjir di Kabupaten Muara Enim. Melalui kesempatan ini, Fatoni melihat dari dekat kondisi masyarakat terdampak banjir di Desa Danau Rata, Sungai Rotan, Sumatera Selatan, Jumat (19/1/2024).

Di hadapan masyarakat, Fatoni menyampaikan rasa simpatinya atas bencana banjir yang merendam pemukiman warga. Selain itu, dia mengecek dan memastikan kelengkapan posko banjir serta menyerahkan sejumlah bantuan, di antaranya logistik dan obat-obatan guna meringankan beban masyarakat.

“Jika ada bencana, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi bersama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota meninjau langsung ke lapangan melakukan pendataan, kemudian juga memberikan bantuan,  memberikan pertolongan menjadi baik itu peralatan makanan, pakaian, kemudian juga tenaga medis,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan Pemprov Sumsel bersama instansi lainnya, mulai dari Pemerintah Daerah, TNI/Polri, BUMN, BUMD serta masyarakat bergotong royong mengumpulkan bantuan guna membantu masyarakat terdampak bencana di Provinsi Sumsel.

“Maka kami datang untuk bisa bersilaturahmi, hari ini kami membagikan bantuan hampir 8 ton beras, kemudian sembako 570 paket, matras ada 50 lembar, makanan siap saji 70 paket, biskuit dan  bahan medis, selimut serta  makanan siap saji yang lainnya ada 500 paket,” ucap Fatoni.

Baca Juga :   Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Pemkab Muba Selenggarakan Pelatihan Bahasa Inggris

Fatoni menyebut bantuan yang diserahkan sebagian sudah disalurkan sebelumnya merupakan bentuk kepedulian nyata dari Pemerintah. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan di tengan bencana banjir.

“Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tuhan Yang Maha Kuasa, mudah-mudahan kita juga selalu sehat, jaga terus kesehatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menyebut terdapat 10 Kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Muara Enim. Di antaranya Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Ujan Mas, Kecamatan Benakat, Kecamatan Gunung Megang, Kecamatan Blimbing, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kecamatan Sungai Rotan, Kecamatan Lembak Enam, Kecamatan Gelumbang dan Kecamatan Muara Belida.

“Dari 10 kecamatan tersebut terdiri dari  73 desa, dengan total 15.270 KK yang terdampak,” jelas Rizali.

Selain itu lanjut Rizali, terdapat 2 kecamatan yang mengalami tanah longsor, yaitu Kecamatan Semende Darat Ulu dan Kecamatan Semende Darat Tengah dengan 4 titik longsoran. Dampak banjir tersebut mengakibatkan beberapa infrastruktur mengalami kerusakan, di antaranya tiga unit jembatan rusak, yaitu jembatan gantung putus di Kecamatan Belimbing dan di Kecamatan Empat Petulai Dangku sedangkan satu unit jembatan beton rusak parah di Kecamatan Benakat termasuk satu unit rumah roboh di Desa Pagar Dewa Kecamatan Benakat.

Baca Juga :   Mura dan Muratara Fokus Pada Program Peningkatan Pembangunan di Desa Tertinggal

Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah melakukan sejumlah upaya, di antaranya berkoordinasi bersama Forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor.

“Kita juga telah melakukan evakuasi dan mendirikan tenda pengungsi untuk  masyarakat yang terdampak banjir bersama dengan TNI,” tandasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh ⁠Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sumsel H Edward Candra, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel Muhammad Iqbal Alisyahbana,

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Affandi. Selain itu hadir juga Kapolres Kabupaten Muara Enim Jhoni Eka Putra, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha dan Camat Sungai Rotan Miswanto. (win)

Iklan OKI

Check Also

Sertijab, Apriyadi Siap Dukung Penuh Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi. Foto : viralsumsel.com/dev

Sertijab, Apriyadi Siap Dukung Penuh Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi

viralsumsel.com, MUBA – Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) periode 2022-2024, H Apriyadi Mahmud menyatakan siap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *