Tinjau Lokasi Banjir di Kabupaten Muba, Pj Gubernur Agus Fatoni Antar Langsung Bantuan ke Rumah Warga Gunakan Perahu Karet. Foto : viralsumsel.com/win
Tinjau Lokasi Banjir di Kabupaten Muba, Pj Gubernur Agus Fatoni Antar Langsung Bantuan ke Rumah Warga Gunakan Perahu Karet. Foto : viralsumsel.com/win

Tinjau Lokasi Banjir di Kabupaten Muba, Pj Gubernur Agus Fatoni Antar Langsung Bantuan ke Rumah Warga Gunakan Perahu Karet

viralsumsel.com, Muba – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatann (Sumsel) Agus Fatoni meninjau sekaligus memberikan bantuan ke lokasi banjir di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), tepatnya Desa Teluk Kijing 1 dan Tanjung Agung Barat. Fatoni bahkan mengantarkan langsung bantuan tersebut ke rumah warga menggunakan perahu karet.

“Kami juga datang memberikan sedikit bantuan semoga bisa meringankan apa yang menjadi kebutuhan Bapak dan Ibu sekalian,” jelas Fatoni di Posko Penanggulangan Bencana Banjir Desa Tanjung Agung Barat, Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (19/1/2024).

Bantuan ini terdiri dari 2.750 kilogram beras, 670 paket sembako, 50 lembar matras, 520 paket makanan siap saji, 200 lembar selimut, 100 tenda gulung, 100 paket baju bayi, 180 paket baju anak, 100 kotak biskuit dan peralatan medis juga obat-obatan. Selain itu, bantuan lainnya berupa 50 dus mi instan, 500 paket lauk pauk siap saji, 100 liter minyak goreng, 250 paket pembalut wanita dan kebutuhan lain untuk ibu hamil dan balita.

Baca Juga :   Pj Bupati  Muba Apriyadi Mahmud Dorong Teh Gaharu Go Nasional

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa diberikan secara terus-menerus untuk bersama-sama mengatasi dan menangani serta meringankan beban masyarakat terdampak banjir,” jelas Fatoni.

Bantuan tersebut berasal dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bank Sumsel Babel (BSB), sejumlah perusahaan di Sumsel juga masyarakat. Selain bantuan yang diberikan kali ini, Pemprov Sumsel juga sebelumnya telah menyalurkan bantuan secara bertahap kepada sejumlah daerah terdampak banjir di Sumsel seperti di Kabupaten Muratara dan juga Kabupaten Muaraenim.

Fatoni juga tak lupa menhimbau warga untuk menjaga lingkungan serta selalu siaga guna mencegah segala kemungkinan yang belum terjadi.

“Bencana bisa datang kapan saja dan kita bisa saling mengingatkan agar semua warga menjaga kesehatan dan keamanan di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Ketika meninjau lokasi banjir, Fatoni juga berupaya menghibur warga terdampak dengan pantun-pantunnya yang mengundang tawa. Menurutnya, hiburan ringan seperti ini diperlukan warga agar tidak panik, stres dan tetap semangat menghadapi musibah hingga bisa beraktivitas normal kembali.

Baca Juga :   Herman Deru : Kepercayaan Masyarakat Jadi Kunci Yayasan PIDUA Ogan Ilir Tetap Eksis

“Kedatangan kami ini juga sebagai wujud kecintaan kami pada warga,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Muba Apriyadi mewakili masyarakat Muba menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni kepada masyarakat. Apriyadi menyebut terdapat 9 dari 15 Kecamatan di Muba terdampak banjir dengan ketinggian bervariasi hingga 2 meter lebih.

“Jumlah yang terdampak banjir 20.262 rumah/KK dan sepekan ini lebih dari 500 KK tidak bisa beraktivitas. Untuk itu kami buka posko,” jelasnya.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Pj Gubernur mengantarkan langsung bantuan ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir dengan menggunakan perahu karet. Fatoni didampingi Pj Bupati Muba Apriyadi, Asisten I Pemprov Sumsel Bidang Pemerintahan dan Kesra Edward Chandra serta Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel M Iqbal Alisyahbana. (win)

Iklan OKI

Check Also

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa dalam acara Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional di Halaman Kantor Lurah Sungai Selincah, Kecamatan Kalidoni, Senin (22/4/2024). Foto : viralsumsel.com/nto

Siap Berkolaborasi, Ratu Dewa Dukung Gerakan Sinergi Reforma Agraria

viralsumsel.com, Palembang – Dengan menjunjung tinggi semangat kolaborasi, Pj Walikota Ratu Dewa mendukung penuh program …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *