Banner Iklan Pemprov Sumsel Vaksin Booster

Iklan OKI
Banner Iklan HUT Pemkab Muba 2022
Kepala Dinas PMD OKI, Arie Mulawarman SSTP menjelaskan, untuk mengevaluasi karena ada syarat yang masih kurang kepada warga Desa Lingkis, kemarin (27/7/2022). Foto : viralsumsel.com/fir
Kepala Dinas PMD OKI, Arie Mulawarman SSTP menjelaskan, untuk mengevaluasi karena ada syarat yang masih kurang kepada warga Desa Lingkis, kemarin (27/7/2022). Foto : viralsumsel.com/fir

49 KPM BLT-DD di Desa Lingkis OKI Dihapus

*PMD OKI Minta Bentuk Relawan : Tak Diverifikasi BLT DD Tak Dicairkan* 

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Berjuang selama 55 hari mengumpulkan biaya untuk mempertanyakan 49 Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (KPM BLT-DD) Desa Lingkis yang dihapuskan. Massa mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kemarin (27/7/2022)

Koordinator Lapangan, Musadat mengungkapkan, pihaknya mempertanyakan penghapusan 49 penerima ini tanpa pemberitahuan sebelumnya. “Tahun lalu yang menerima BLT DD 185, tahun ini dikurangi 49,” ujar dia.

Seharusnya ada pemberitahuan apa alasan ke 49 KPM tersebut dihapus. Untuk itu pihaknya  meminta kejelasan atas penghapusan 49 penerima BLT DD, meminta PMD untuk memanggil kades mengenai penyaluran BLT DD. Meminta Bupati OKI menonakifkan kades karena bertindak diskriminatif terhadap  masyarakat dan Ketua BPD yang tidak dilibatkan dalam musdes.

Sementara itu Kepala Desa Lingkis, Sopiyanto mengatakan, pihaknya saat diwariskan dalam administrasi semerawut BLT tidak ada data verifikasinya dan BPD tidak pernah dilibatkan pada 2021 musdus, musdesus dan itu sudah ditanyakan langsung

Baca Juga :   Herman Deru Tunjuk Teddy Meilwansyah Sebagai Plh Bupati OKU

Ketika penetapan ada 25 KPM di pindahkan karena sudah dapat PKH. Dipindahkan ini tidak ada melalui musdesus dan musyawarah BPD. Jadi 185 KPM yang dimasukkan jauh dari prosedur hukum bahkan ada rumah yang paling kaya menerima KPM dan masih banyak lainnya yang secara logika tidak akan masuk kalau melalui verifikasi.

Bemang beda BLT KMP penyaluran 2021 dan 2022. Kalau 2021 sebesar 60 persen minimal dari DD makanya keluar 185 KPM.  Untuk 2022 juknisnya BLT cuma 50 persen minimal dan 32 persen pembangunan fisik dan 20 persen ketahanan pangan dan 8 persen penanganan Covid. Kalau dikalkulasikan 40 persen itu hanya mendapat 122 orang  penerima BLT DD.

“Maka kebijakan kami 145 KPM itu  menjadi 48 persen sudah disubsidi pembangunan fisik,” imbuhnya.

Itulah dasar pihaknya menghapus KPM dan karena memang tuntutan masyarakat memperbaiki kesalahan pemimpin lama. Bekerjasama dengan BPD menggelar musdus dilakukan musdesus pada Maret pihaknya tidak memiliki berita acara, karena pada saat itu sekdes masih bapak Maulana ia meminta seluruh dokumen desa tidak dikembalikan sekdes.Pihaknya menduga ada ketidakterbukaan pemdes terhadap penyaluran BLTDD.

Baca Juga :   Heboh, Warga Palembang Temukan Mayat Tanpa Identitas Ngambang di Sungai Keramasan

Ditahap 2 mereka yang tidak masuk akan dimasukkan lagi dan di tahap 1 mungkin akan ada yang dikeluarkan. Pihaknya siap merubah jika yang 49 KPM dihapuskan ini dimasukkan dan dilakukan verifikasi di lapangan.

Mantan Sekdes Lingkis menyebut jadi musdes pada Maret, itu hanya formalitas saja itulah alasan mengapa ia tidak memberikan karena dokumen berita  acara oleh kades. Ia juga tidak pernah menerima SK pemberhentian sebagai sekdes.

Kepala PMD OKI, Arie Mulawarman SSTP menjelaskan, untuk mengevaluasi karena ada syarat yang masih kurang. Ia meminta bentuk relawan Kades, anggota BPT, kadus, dan lainnya harus dilibatkan ini segera  dibenahi. Ini keluhan tanggapan dan verifikasi bersama semua harus dihadirkan. “Kami tidak akan mencairkan BLT DD ini jika tidak dilaksanakan verifikasi dan didata,” terang dia. (fir)

Iklan OKI

Check Also

Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini terlihat kompak meracik bumbu masakan untuk meraih juara pada lomba masak Nasi Goreng di objek wisata Kampung Selarai Indah Sekayu, Kamis (29/9/2022). Foto : viralsumsel.com/dev

Keseruan Pj Bupati Muba Lomba Masak Nasi Goreng

viralsumsel.com, SEKAYU – Usai bekarang bersama warga dan jajaran Pemkab Muba, Pj Bupati Musi Banyuasin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *