Iklan Palembang Kota Iklan Pemkab Muba
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD OKI, Fahrul. Foto : viralsumsel.com/fir
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD OKI, Fahrul. Foto : viralsumsel.com/fir

BPBD OKI Gencarkan Patroli, Sehari Terlampau Panas Permukaan Gambut Potensi Terbakar

*Meminta Warga Agar Tidak Membuka Lahan Dengan Membakar*

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Meski kondisi gambut masih terendam tapi jika cuaca dalam sehari terlampau panas berpotensi terbakar bagian permukaan gambut. Untuk itu patroli di lapangan semakin digencarkan.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD OKI,  Fahrul mengungkapkan,  memang saat masih ada hujan dengan intensitas  sedang hingga lebat. Tapi begitu sehari terlampau panas ini yang harus diwaspadai. “Alhamdulillah sampai saat ini belum ada kejadian karhutla luar biasa di OKI,” terangnya, Kemarin (25/7/2022).

Jangan sampaj terjadi meski di awal Agustus prediksi BMKG puncak musim kemarau tapi tetap masih ada hujan dan memang sangat terbantu karena La nina jadi potensi hujan di musim kemarau tetap ada.

Baca Juga :   Bikin SIM Bisa Lewat Smartphone.

Kendala yang dihadapi di lapangan utamanya medan karena masih ada air saat menuju  TKP, kalaupun terbakar akan tetap padam tapi  itu tidak bisa dibiarkan kalau sudah merambat ke gambut sulit dipadamkan.  Tantangan akses ke lokasi terhambat.

Untuk  bantuan dari provinsi  rencana akan dibangun tiga posko di lapangan desa rawan karhutla.  Saat ini patroli mengarah ke titik rawan seperti di Jejawi karena api sering muncul.” Seperti beberapa  waktu lalu dekat tol memang hanya setengah hektar terbakar tapi berbahaya karena dekat tol cepat terlihat,” imbuhnya.

Sementara untuk di wilayah Sepucuk sampai saat ini aman gambut juga masih basah. Mudah-mudahan tidak terjadi kebakaran di sana ia meminta warga agar tidak membuka lahan dengan membakar. (fir)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Tersangka pencurian sepeda motor, S warga Karang Anyar, OKU Timur diciduk polisi diamankan di Mapolsek Lempuing OKU, Senin (1/8/2022). Foto : viralsumsel.com/fir

Ngaku Baru Pertama, Curi Motor di Ponpes Bumi Agung Lempuing

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Baru pertama kali mencuri motor Yamaha putih list biru BG4042 VK milik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *