Banner Iklan Pemprov Sumsel Vaksin Booster

Iklan OKI
Banner Iklan HUT Pemkab Muba 2022
Ketua DPRD OKI, Abdiyanto SH MH. Foto : viralsumsel.com/fir
Ketua DPRD OKI, Abdiyanto SH MH. Foto : viralsumsel.com/fir

Ketua DPRD OKI Minta Bangub Digelontorkan di Pantai Timur

viralsumsel.com, KAYUAGUNG – Penetapan kegiatan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara 2023 ditetapkan belanja belanja 2,3 triliun dan pendapatan 2,2 triliun lebih defisit anggaran Rp 23 Miliar ditutupi dengan pembiayaan  itu sehingga APBD OKI berimbang pada 2023. Ini berdampak pada kegiatan  pembangunan di OKI tahun depan.

Ketua DPRD OKI,  Abdiyanto SH MH mengungkapkan, APBD 2022 Rp2,65 triliun di perubahan menjadi Rp2,7 triliun  artinya menjadi berkurang 300-400 miliar dari 2022 ke 2023. Hal ini terjadi akibat beberapa target pendapatan tidak terpenuhi selain dampak pandemi  banyaknya regulasi aturan baru perlu penyesuaian.” Jadi dampaknya pasti akan terlihat  khususnya pembangunan infrastruktur, “terangnya kemarin (17/8/2022).

Target yang ditetapkan pada tahun sebelumnya di pendapatan  jauh berkurang. Bayangkan tahun kemarin pendapatan Rp 2,4 triliun sekarang menjadi Rp 2,2 triliun disektor  belanja 2022 lebih kirang 2,7 triliun di 2023 Rp 2,3 triliun ada berkurang APBD OKI hampir 400 miliar dan tentu berdampak pada pembangunan  tentu kegiatan.

Yang berdampak Dinas PUPR dan  Perkim biasanya PUPR dianggarakan  Rp300 miliar hingga Rp 360 miliar 2023 hanya  Rp163 miliar.  Ada Rp200 miliar tentu berupaya  memaksimalkan kegiatan yang ada berdayakan anggaran  yang ada, mudah-mudahan sektor pendapatan pulih sehingga meningkatkan belanja.

Baca Juga :   Ungguli Anies, Ganjar dan Sandi, Prabowo Capres Terkuat 2024

Kalau pengaruhnya  melihat  yang paling penting sekian banyak persoalan infrastruktur  jalan di perairan memprihatinkan , misalnya virtual berita jalan rusak sebagai ketua  DPRD menjadi tanggung jawab moral,  tapi ini kemampuan keuangan terbatas dengan dana yang Rp300 miliar  untuk  jalan,  pengairan  dan jembatan  itu belum bisa mengcover semuanya apalagi dengan anggaran  yang berkurang  pada tahun depan tapi semua jangan pesimis.

Sistem pembangunan  di rubah kalau dulu di cor semua meski dapatnya sedikit sehingga dananya kekurangan ,  mungkin besok berupaya  dengan PUPR yang penting lobangnya di ratakan.

Harapannya uluran tangan provinsi setiap tahun menggelontorkan bantuan ke OKI cukup besar sampai Rp100 miliar, tapi untuk  Pantai Timur bantuan gubernur   belum pernah digelontorkan ke sana. Untuk  itu tahun depan ada dana provinsi yang bisa mengcover bantuan gubernur  ke sana sehingga membantu pihaknya sehingga kesulitan  bisa terurai.

Kalau dari perusahaan  melalui forum CSR itu sudah dikumpulkan   baik pemerintah  maupun anggota  DPRD Sumsel  siap membantu semampunya,  tapi pada kenyataannya itu tidak terjadi padahal mereka juga menggunakan jalan tersebut apalagi sekarang kan mobilitas tinggi.

Pemkab dan DPRD OKI Sepakati KUA PPAS 2023 Sebesar Rp.2, 308 Triliun

Baca Juga :   Launching Pilkada OKU Timur, HD : Harus Kondusif

Sebelumnya, Bupati OKI, H Iskandar SE  mengatakan,  pihaknya  bersama anggota DPRD  OKI yang sudah bersama-sama membahas proses penyusunan rancangan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2023 ini, dari awal hingga ditandatanganinya nota kesepakatan KUA-PPAS APBD Kabupaten OKI.

Tahapan pembahasan KUA-PPAS merupakan salah satu bagian dari rangkaian penyusunan ranperda APBD Kabupaten OKI tahun 2023, yang telah menghasilkan beberapa hal, yakni, pendapatan daerah Kabupaten OKI pada APBD tahun 2023 diproyeksi sebesar Rp 2,285 triliun yang terdiri dari komponen pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Sementara Belanja daerah dirancang sebesar Rp 2,308 triliun yang terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer. Sementara Pembiayaan Netto daerah APBD Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp. 28.470 miliar.   ” Rencana Pendapatan dengan rencana belanja baerah tahun 2023 terdapat defisit sebesar Rp 23.483 miliar, “tandasnya.

Ia berharap  dengan adanya nota kesepakatan kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah, serta prioritas dan plafon anggaran sementara anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023 ini dapat memberikan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten OKI. (fir)

Iklan OKI

Check Also

Ketua DPC) Partai Demokrat OKU Timur Azmi Shofix diwakili sejumlah pengurus salurkan bantuan pada korban kebakaran di Blok B, Desa Suka Damai, Kabupaten OKU Timur, Senin (3/10/2022) siang. Foto : viralsumsel.com/ion

Peduli, Azmi Shofix “Gercep” Bantu Korban Kebakaran Rumah di OKU Timur

viralsumsel.com, OKU TIMUR – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKU) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *