Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dalam kegiatan Ceremonial Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Penyerahan Alat Sanitasi di Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (3/6/2024). Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dalam kegiatan Ceremonial Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Penyerahan Alat Sanitasi di Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (3/6/2024). Foto : viralsumsel.com/win

Gerakan Bedah Rumah Tidak Layak Huni di Sumsel Jadi Inspirasi Daerah Lain

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyebut Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel dan Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel memberikan inspirasi kepada daerah lain untuk melakukan program yang sama. Hal ini diungkapkannya dalam kegiatan Ceremonial Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Penyerahan Alat Sanitasi di Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (3/6/2024).

“Alhamdulillah Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel kemudian Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel ini memberikan inspirasi kepada daerah lain untuk melakukan hal yang sama,” ucap Fatoni.

“Terutama dalam rangka percepatan pembangunan, khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan, pengentasan kemiskinan ekstrem sekaligus penanganan stunting di Sumatera Selatan,” sambungnya.

Saat ini tercatat sebanyak 8.391 rumah yang mengikuti program Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel, 80 persen di antaranya telah selesai. Fatoni berharap dalam waktu dekat ini bisa segera mencapai 100 persen.

Baca Juga :   Hore, 45.931 Pelanggan Listrik MEP Gratis Tagihan Mei Hingga Juli

“Angka ini nanti akan terus berkembang di tahun ini dengan bantuan sumber dana dari desa dan kelurahan bisa mencapai 15 ribu lebih,” kata Fatoni.

Sementara itu, anggaran untuk merealisasikan program Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel berasal dari APBD Provinsi, APBD Kabupaten/Kota, CSR BUMN/BUMD dan swasta. Tak hanya itu, Pemprov Sumsel juga bekerja sama dengan Kodam II Sriwijaya guna mempercepat realisasi program tersebut.

Dalam kesempatan ini, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika mengapresiasi program Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel dan Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel. Menurutnya, kedua program tersebut telah menginspirasi banyak daerah lain terutama Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

“Di samping itu, juga betul apa yang dikatakan Pak Pj, hari ini apa yang dilakukan Provinsi Sumsel telah menginspirasi bagi daerah lain, yaitu di wilayah Sumbagsel,” ujar Naudi.

Baca Juga :   Herman Deru Realisasikan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten OKU Selatan

“Kami intinya hadir di sini untuk membantu mempercepat program Pemda. Anggarannya kita jajaran TNI siap mendukung program pemerintah dan menyukseskannya,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel dan Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel telah dilaunching oleh Ketua Umum Tim Penggerak dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian pada Rabu (21/2/2024) lalu. Bahkan dirinya juga menyebut program tersebut dapat menjadi percontohan bagi daerah lain.

“Kita juga berharap bahwa Sumsel dapat menjadi project percontohan bagi nasional, tapi ini salah satu yang terbaik,” ucapnya di Jl Pangeran Sido Ing Kenayan, Karang Anyar, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (21/2/2024) lalu.  (win)

Iklan OKI

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Tolong Viralkan! Pemkot Bakal Derek Mobil yang Parkir di Depan SD Muhammadiyah

viralsumsel.com, Palembang – Kemacetan di depan Sekolah Muhammadiyah yang berdekatan dengan flyover simpang Polda menjadi makanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *