Banner Iklan Pemkab Muba Maret 2024 Banner Iklan Diskominfo OKI Ramadan 2024
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pj Ketua PKK Sumsel Mendapat Gelar Adat di Muara Enim. Foto : viralsumsel.com/win
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pj Ketua PKK Sumsel Mendapat Gelar Adat di Muara Enim. Foto : viralsumsel.com/win

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pj Ketua PKK Sumsel Mendapat Gelar Adat di Muara Enim

viralsumsel.com, Muara Enim – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni diberi gelar adat ‘Meraje Emban Adat’ dan Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel Tyas Fatoni juga mendapat gelar ‘Ibungan Meraje Emban Adat’ oleh masyarakat Kabupaten Muara Enim. Gelar adat tersebut disematkan Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali dan Ketua Adat Kabupaten Muara Enim H. Burtiham di Balai Agung Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Minggu (19/11/2023).

Adapun makna dari gelar ‘Meraje Emban Adat’ dan ‘Ibungan Meraje Emban Adat’ adalah orang yang dituakan dan dihormati, dimana mampu mengemban dan melaksanakan tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya, untuk melestarikan dan membina adat istiadat yang ada di sekitarnya dengan didampingi seorang istri yang selalu mendukung kehormatan suami dan keluarga.

Prosesi penganugerahan ditandai dengan pemberian emban atau pengalungan kain oleh Pj Bupati Muara Enim dan pemberian piagam oleh Ketua Adat Kabupaten Muara Enim H. Burtiham. Usai diberi gelar adat, Fatoni berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga :   Kesetaraan Gander di Sumsel Cukup Tinggi

Menurutnya, pemberian gelar adat menjadi tanggung jawab untuk tetap terus menjaga nilai-nilai budaya dan adat yang ada di Kabupaten Muara enim, sekaligus berjuang memajukan Kabupaten Muara Enim khususnya dan Sumatera Selatan pada umumnya.

“Gelar adat ini menjadi berkah untuk kami, menjadi motivasi untuk kami terus berjuang memajukan Kabupaten Muara Enim khususnya dan Provinsi Sumsel pada umumnya. Adat istiadat ini perlu terus kita pelihara, ini penting agar pembangunan itu tidak meninggalkan adat budaya yang ada di daerah kita,” ungkapnya.

Fatoni mengakui, masyarakat Kabupaten Muara Enim sangat kondusif. Oleh sebab itu, dia mengajak masyarakat untuk tetap mempertahankannya.

“Kita bertekad Sumatera Selatan tetap zero konflik, kita bertekad agar provinsi yang kita cintai ini damai dan penuh toleransi. Dengan situasi yang seperti itu, masyarakatnya akan tenang, pemerintahnya juga bisa membangun, kemudian akan tercipta kekeluargaan diantara kita yang akan menguatkan kita untuk dapat bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” kata Fatoni.

Baca Juga :   Herman Deru : MKNU Wadah Tularkan Nilai-Nilai Kebangsaan

Fatoni mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumsel juga mendukung penuh lembaga ataupun pemangku adat untuk terus berkiprah, mengembangkan adat budaya yang sudah ada.

“Ini harus kita tanamkan kepada generasi muda, anak-anak kita, Kita juga harus tanamkan kecintaan kepada adat istiadat kecintaan kepada daerah kita, tekad kita yang kuat, tekad kebersamaan kita Insya Allah akan mampu mewujudkan harapan dan cita-cita kita,” ujar Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali mengatakan, pemberian gelar adat kepada Pj Gubernur dan Istri ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Muara Enim ke-77 Tahun.

“Penganugerahan gelar adat ini sebagai bentuk rasa cinta,  bangga dan bahagia, kami seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim dalam menyambut kehadiran bapak Gubernur,” tandasnya.  (win)

Iklan OKI

Check Also

Suasana Cerah dan Penuh Tali Persaudaraan, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Silahturahmi Bersama Seluruh Elemen Masyarakat. Foto : viralsumsel.com/nto

Suasana Cerah dan Penuh Tali Persaudaraan, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Silahturahmi Bersama Seluruh Elemen Masyarakat

viralsumsel.com, PALEMBANG – Penjabat (Pj) Walikota Palembang, Ratu Dewa menggelar silahturahmi bersama seluruh elemen masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *