Nelayan Sumsel saat menerima pelatihan pembuatan ikan asin. Istimewa

Nelayan Sumsel Terima Bantuan Ratusan Jaring Ikan

Viralsumsel.com, PALI —  Komunitas Nelayan Pesisir Sumatera Selatan dukung Ganjar Pranowo memberikan bantuan ratusan jaring ikan kepada para nelayan di Desa Pandan, Kec. Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Ketua Nelayan Desa Pandan, Mariko menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh sukarelawan. Menurutnya, nelayan yang kesehariannya mencari ikan ini sulit mendapatkan ikan apabila tidak memakai jaring.

Menurut Mariko, para nelayan di wilayah tersebut biasanya menangkap ikan di Sungai Lematang. Dengan jaring yang diberikan oleh sukarelawan, para nelayan bisa mendapatkan ikan sebesar 3 kg sampai 15 kg dengan berbagai macam ikan seperti Patin, Baung, Lampam, Tirusan hingga Mujair. Harga jual dimulai Rp 18 ribu sampai Rp 25 ribu per kg.

“Kami sampaikan terima kasih atas bantuan jaring ini, sangat bermanfaat bagi kami nelayan, dengan jalan jaring kita bisa menangkap ikan. Kalau tidak menggunakan jaring sangat sulit menangkap ikan,” tutur Mariko,” kata Mariko sesuai simbolis pemberian dan pelatihan di Desa Pandan, Kec. Tanah Abang, Kab. Pali, Minggu (22/10/2023).

Baca Juga :   Treebute: Solusi Promosi Produk UMKM, Brand, dan Perusahaan di Instagram LindungiHutan

Terkait dengan pelatihan membuat ikan asin, Mariko menyatakan pelatihan itu sangat bermanfaat untuk para nelayan. Sebab, para nelayan dari laki-laki bisa membantu para istrinya yang biasa membuat ikan asin.

“Membuat ikan asin biasanya oleh para Ibu-ibu, kita hanya mengangkap ikan. Namun dengan adanya pelatihan ini, kita bisa membantu Ibu-ibu apabila nanti membuat ikan asin,” ucap Mariko.

Sementara Koordinator Daerah Komunitas Nelayan Kab. Pali, Soleha menyatakan pemberikan jaring ikan itu karena atas kebutuhan para nelayan.

Terkait pelatihan membuat ikan asin, Soleha mengatakan untuk meningkatkan nilai jual dari tangkapan nelayan. Sebab, ikan yang diolah nilai jualnya bisa lebih tinggi daripada ikan yang langsung dijual setelah ditangkap.

Baca Juga :   Kebutuhan Darah Meningkat Hingg 7 Ribu Kantong Perbulan, Wawako Palembang Apresiasi Donor Darah PT Pusri

Ia berkomitmen untuk terus menghadirkan kegiatan dan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal itu sesuai arahan dan teladan dari bakal calon presiden, Ganjar Pranowo, yang kini berpasangan dengan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden.

Nelayan dukung Ganjar-Mahfud

Mariko juga menyatakan kesiapannya mendukung pasangan Ganjar-Mahfud untuk menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Dukungan diberikan karena para nelayan menilai Ganjar-Mahfud pasangan yang mempunyai kapasitas untuk menjadikan Indonesia menjadi poros ekonomi maritim dunia.

“Kami siap mendukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud, karena (mereka) mempedulikan rakyat,” ucapnya.

Iklan OKI

Check Also

10 Manfaat Penggunaan AC di Rumah

viralsumsel.com, Jakarta – Penggunaan AC (air conditioner) di rumah memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *