Iklan Pemprov Sumsel
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). Foto : net
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). Foto : net

Polres Lahat Ciduk Tersangka Pemalsuan SIM, 1 Masih DPO

VIRALSUMSEL.COM, LAHAT – Berdasarkan Laporan bahwa ditemukan adanya Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu, Polres Lahat buru tersangka pemalsuan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab demi keuntung pribadi dan merugikan banyak orang dan mencoreng nama baik instutusi Polri.

Tim Polres Lahat langsung bergerak cepat dan berhasil melakukan penangkapan terhadap Y di sebuah kantor di Depan SMA Negeri 2 Lahat pada Selasa 21 September 2021  pukul 10.30 Wib. Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK, mengatakan, dari hasil pengembangan penyidikan saudara Y, Sat Reskrim juga menangkap D yang juga ikut terlibat di Desa Kota Raya di Rumah RE pada Selasa, 21 September 2021  pukul 12.10 Wib.

Selain meringkus D Tim Polres Lahat  juga meringkus RE yang diduga juga ikut terlibat dalam tindak pidana pemalsuan SIM. Diketahui dari informasi ke tiga TSK tersebut bahwa yang mencetak kartu SIM B II ( Umum ) ialah ( DN ) di percetakan Milik ( DN ) di Talang Jawa Utara. Dalam hal ini tersangka melanggar pasal 266 ayat (1) KUHPidana ( DN )  28  Tahun

Baca Juga :   Investasi Kolam Lele Organik, Mitra Duduki Kantor DHD Palembang Tuntut Kembalikan Modal

“Namun tim Polres Lahat masih melakukan upaya penangkapan 1 orang yang diduga juga terlibat yaitu R ( DPO ) masih dalam pengejaran diduga Melanggar pasal 263 ayat (1) KUHPidana”, ujar Kapolres Lahat.

Adapun Barang bukti yang berhasil ditemukan berupa 5  buah kartu SIM B-II UMUM PALSU serta 5 surat keterangan dari LANTAS yang juga diduga palsu. “Modus operandi yang dilakukan terduga tersangka Pemalsuan dilakukan dipercetakan DGP milik ( DN )  dengan pelaku sebanyak 5 orang,” jelas Kapolres Lahat.

Kapolres lahat menyatakan bahwa Peran masing-masing terduga tersangka  DN berperan menyuruh Tersangka R untuk membuat SIM B II umum yang dipalsukan dan mendapat keuntungan sebesar Rp. 500.000,-, sementara tersangka Y berperan sebagai perantara dari orang yang memesan SIM B II yang dipalsukan dengan tersangka R E dan D berperan mengantarkan syarat pembuatan SIM B II yang dipalsukan kepada tersangka DN dan mendapat keuntungan sebesar Rp. 400.000.

Baca Juga :   Pengedar Narkoba di Lahat Dibekuk, Temukan Barang Bukti di Bawah Kasur

“Sementara itu RE berperan sebagai perantara yang meminta syarat dan uang dari calon pengguna SIM B II UMUM yang dipalsukan dan mendapat keuntungan sebesar Rp. 150.000 dan RI berperan membuat SIM B II UMUM yang dipalsukan atas suruhan tersangka DN”, Jelasnya

“Hasil pemeriksaan sementara dari pengakuan para tersangka diduga memalsukan SIM  yang telah dibuat SIM palsu kurang lebih sebanyak 30 buah”, pungkasnya. (oki)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

Ilustrasi penemuan jenazah. FOTO : ANTARA

Seorang Pemuda Asal Kikim Bunuh Diri di Atap Rumah

VIRALSUMSEL.COM, LAHAT – Sorang pemuda warga Kikim Area, JL (21) yang berprofesi petani ditemukan tewas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *