Banner Iklan Pemkab Muba September
Silahturahmi bersama APDESI, Pj Gubernur Agus Fatoni Serap Aspirasi Kades se-Sumsel. Foto : viralsumsel.com/win
Silahturahmi bersama APDESI, Pj Gubernur Agus Fatoni Serap Aspirasi Kades se-Sumsel. Foto : viralsumsel.com/win

Silahturahmi bersama APDESI, Pj Gubernur Agus Fatoni Serap Aspirasi Kades se-Sumsel

viralsumsel.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersilahturahmi dengan jajaran pengurus dari Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Sumatera Selatan guna menyerap aspirasi para Kepala Desa (Kades) di Sumsel. Kegiatan ini berlangsung di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (22/12/2023).

Fatoni mengingatkan pentingnya silahturahmi guna mempererat hubungan antara pemerintahan, baik dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga desa. Menurutnya, desa merupakan bagian penting dalam pemerintahan sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Oleh karena itu, komunikasi harus terjalin dengan baik agar kondisi di lapangan dapat termonitor oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupen/Kota. Hal ini juga termasuk jika nantinya terdapat kendala maupun persoalan dapat disampaikan melalui berdialog terlebih dahulu.

“Pintu Pemprov sumsel selalu terbuka untuk seluruh Kepala Desa. Kita juga selalu siap menerima masukan dan aspirasi dari rekan-rekan APDESI,” ucap Fatoni.

Baca Juga :   Gandeng KPK, Herman Deru Komitmen Ciptakan Pemerintahan Bersih 

Fatoni mengatakan terkait Dana Bantuan Keuangan bersifat Khusus (Bangub) atau bantuan keuagan untuk para Kades akan dikaji kembali dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah tahun 2025. Dia juga mengaku berkomitmen siap menerima masukan dan aspirasi yang disampaikan oleh rekan-rekan APDESI.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua DPD APDESI Sumsel Sohiein mewakili para Kades menyampaikan sejumlah aspirasi, di antaranya terkait kesejahteraan Kades dan perangkat desa mengingat jam kerja mereka tak terbatas setiap harinya.

Aspirasi yang disampaikan selanjutnya terkait Bangub agar intensif desa dapat dianggarkan pada Tahun 2024/APBD Perubahan atau APBD Induk Tahun 2025. Terakhir, agar terdapat jaminan Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa dapat dilindungi sehingga jika ada pemanggilan Kepala Desa oleh APH dilakukan setelah adanya Pemeriksaan LHP oleh Inspektorat.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen APDESI Provinsi Sumsel Mulyanto mewakili jajaran pengurus APDESI mengapresiasi inisiasi dari Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengadakan kegiatan ini. Menurutnya, selama kegiatan silahturahmi mereka disambut sangat baik oleh Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni.

Baca Juga :   Instal imuba, Warga Tetap Bisa Baca Buku di Perpustakaan Muba

Mulyanto mengatakan Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni memberikan perhatian begitu besar kepada perangkat desa. Selain itu, menurutnya Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni berkomitmen melaksanakan pembangunan selaras sesuai instruksi program Presiden bahwa akan membangun Indonesia dari pinggir.

“Ini artinya desa sangat diperhatikan oleh Bapak Pj Gubernur Sumatera Selatan,” puji Mulyanto.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya Sekda Provinsi Sumsel S.A Supriono, Asisten I H. Edward Chandra, Plt Kadis PMD Sumsel H. Muhammad Senen Har, Plt Kaban Kesbangpol H. Sunarto, Kepala Inspektorat Sumsel H. Zulkarnain, Kepala Bappeda Sumsel, Koordinator Datun Kejati Sumsel beserta para Kabiro di lingkungan Pemprov Sumsel. (win)

Iklan OKI

Check Also

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton. Foto : viralsumsel.com/dev

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton

viralsumsel.com, MUBA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara maraton melakukan pembinaan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *