Iklan Pemprov Sumsel
Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono pimpin mediasi perwakilan masyarakat, LIN serta dari pihak PT SLR. Foto : viralsumsel.com/eko
Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono pimpin mediasi perwakilan masyarakat, LIN serta dari pihak PT SLR. Foto : viralsumsel.com/eko

Tunggu Kecelakaan Fatal, PT Servo Baru Akan Berencana Bangun Flyover di PALI

VIRALSUMSEL.COM, PALI – Unjuk rasa beberapa hari lalu oleh puluhan massa dan Lembaga Investigasi Negara (LIN) di KM 48 persimpangan jalan umum poros Tanah Abang dengan jalan khusus batubara milik PT Servo Lintas Raya (SLR) yang menuntut perusahaan untuk membangun flyover di persimpangan jalan itu berlanjut di meja perundingan.

Mediasi antara pengunjuk rasa dan pihak perusahaan difasilitasi Pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Rabu (7/10/21) di ruang Aula kantor bupati PALI. Mediasi sendiri dipimpin langsung Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono dihadiri kepala Kesbangpol, kepala Dinas LH, Dinas Perhubungan, perwakilan masyarakat, LIN serta dari pihak PT SLR.

Pada pertemuan itu, diketahui adanya pro dan kontra terkait pembangunan flyover juga adanya dualisme kepemimpinan LIN di kabupaten PALI yang disebutkan kepala Kesbangpol PALI, yakni ada dua nama yang mengklaim ketua DPD LIN PALI, yaitu Junizar dan Eriadi. Tetapi untuk meluruskan permasalahan dualisme kepemimpinan LIN di PALI, keduanya dihadirkan.

Dalam pertemuan itu, LIN tetap menuntut janji dari pihak PT SLR yang akan membangun flyover, jalan ekonomi masyarakat juga penanaman pohon penghalang debu disepanjang jalan servo. Sekretaris LIN Kabupaten PALI, Junizar, merasa konyol dari pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan yang menunggu adanya kecelakaan fatal di persimpangan tersebut baru akan berencana membangun flyover.

Baca Juga :   IL Cofe And Resto Terintegrasi dengan Princess Imela Salon, Pasangan Biar Tidak Bosan Menunggu

“Kami tidak membahas untuk tahun ini atau tahun depan, pada saat ini belum bisa dibangun flyover, kami maklumi.
Apakah sudah ada kecelakaan yang fatal baru kita usulkan dibangun, itukan namanya konyol. Kita berdasarkan asas kepentingan masyarakat, kami menyuarakan aspirasi masyarakat kecamatan Tanah Abang, dan pengguna jalan,” ungkapnya, Senin (6/10/2021).

Selain itu, dirinya juga berharap kepada perusahaan, agar menyikapi hal ini dengan serius, jangan sampai ada korban jiwa baru perusahaan sibuk. “Jalan ini kan jadi jalan alternatif ke kota Prabumulih, tentunya mobilitas kendaraan masyarakat banyak, dan ukuran kendaraan perusahaan lebih besar dan mengerikan. Apalagi janji Pt Servo ini sudah sejak 2019, dan hingga kini belum dipenuhi,” ujarnya

Sementara itu, Riasan Syahri, tim advokasi PT SLR menanggapi tuntutan dari LIN. Dan aspirasi LIN diterima dan dikaji serta disampaikan ke pimpinan. Tetapi untuk pembangunan flyover harus ada beberapa kajian, ada empat kementerian yang bisa menentukan pembangunan flyover serta harus ada izin amdal sebelum pelaksanaan pembangunan itu. Namun untuk saat ini perusahaan belum bisa membangun flyover.

Baca Juga :   Harga Karet di Muba Terus Meroket, Sekda Apriyadi Cek Operasional Pabrik

“Terkait dengan perawatan atau perbaikan yang menjadi keluhan masyarakat, sepanjang kami bisa kami lakukan, bisa kami kerjakan tapi sesuai kemampuan kami. Tetapi untuk pembangunan flyover, perusahaan belum bisa melakukan karena banyak kajian harus dilakukan,” terang Riasan Syahri.

Ditempat sama, Wakil Bupati PALI berharap pada pertemuan itu bisa menghasilkan kesepakatan bersama demi kemaslahatan bersama. “Kami fasilitasi pertemuan ini agar mencari jalan keluar supaya kedepan permasalahan ini bisa selesai,” harap Wabup.

Kesimpulan pertemuan dijelaskan Wabup bahwa apabila tidak ada kecelakaan lalulintas yang fatal, tingkat kepadatan lalulintas masih normal belum bisa dilakukan pembangunan flyover, kemudian adanya penanaman pohon sebagai pelindung debu itu sudah menjadi kewajiban perusahaan serta pembuatan sarana untuk masyarakat termasuk pembuatan rambu-rambu harus dikerjakan pihak perusahaan. Dan apabila pemerintah merekomendasikan pembuatan flyover, maka perusahaan harus siap melaksanakan. (eko)

About Redaksi Viral Sumsel

Check Also

CSR Priamanaya Group Bantu UMKM Desa Kebur

VIRALSUMSEL.COM, LAHAT – Priamanaya Group menggelar diskusi dan sharing tentang UMKM pada Jumat (26/11/2021), Acara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *